Bos Sido Muncul Bagi-bagi Sembako ke Warga Haji Abu

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 18:49 WIB
Sido Muncul
Foto: Sido Muncul
Jakarta -

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat melakukan pembagian paket sembako kepada warga Haji Abu, Jakarta Selatan. Ini merupakan langkah untuk meringankan masalah dampak virus Corona (Covid-19) terhadap masyarakat di lingkungan sekitar rumahnya. Sebagaimana diketahui masyarakat saat ini dianjurkan untuk mengurangi interaksi dan kegiatan di luar rumah.

"Ini bantuan pribadi dari saya, tetapi saya punya ide berpartisipasi sosial atau social participating istilahnya, sebenarnya dari teman saya yang mengingatkan tentang pentingnya bagi diri kita untuk membantu lingkungan sekitar saat situasi darurat seperti ini," ujar Irwan kepada detikcom Senin (23/3/2020).

Irwan mengungkapkan ide pembagian sembako tersebut karena ia memikirkan masyarakat di sekitarnya yang kesusahan imbas penyebaran virus corona. Ia pun mencari cara agar bisa membantu mereka.

"Lalu saya punya ide mulai hari ini nih saya bagikan ke sekeliling rumah saya, di sekitar daerah Haji Abu dekat dengan rumah saya melalui kerja sama dengan RT/RW setempat. Saya bertanya kepada Pak RT di sini, ada tidak warga-warga yang membutuhkan sembako. Nah dia kasih tau jumlah warga yang terdampak, lalu langsung saya buatkan saja paket sembakonya sebanyak 160 paket lah kira-kiranya," imbuhnya.

Adapun sembako yang dibagikan berupa beras, mie instan, produk Tolak Angin dan kebutuhan pokok lainnya. Irwan mengungkapkan ia juga merencanakan untuk memberikan bantuan tambahan dalam satu minggu ini.

Menurut Irwan, pembagian sembako yang dilakukannya juga telah sesuai prosedur social distancing. Ia mengungkapkan pembagian sembako ini dilakukan oleh staff pribadinya secara perorangan kepada warga sekitar.

"Ndak kita tidak membagikan rame-rame kepada warga, karena kita juga terapin social distancing. Kan di dekat sini banyak kontrakan kita gunakan untuk membagikan sembako. Ada satu kelompok yang ngambilin lalu membagikan juga kepada masyarakat," jelas Irwan.

Ia berpesan agar masyarakat lainnya dapat mengikuti social participating seperti yang dilakukannya hari ini untuk membantu lingkungan sekitar.

"Saya berharap yang lainnya bisa mengikuti seperti saya ini. Social participating perlu sekali dalam keadaan social distancing ini untuk membantu sekitar lingkungan kita," pungkas Irwan.

Sebagai informasi, sebelumnya PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk yang dipimpin oleh Irwan juga turut menunjukkan kepedulian sosial dengan memberikan produk-produk Tolak Angin serta berbagai produk herbal Sido Muncul kepada para lansia yang dibina di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 4, Cengkareng, Jakarta Barat pada Sabtu (21/3/2020).

Dengan pembagian bantuan tersebut diharapkan pula agar para lansia dapat mengonsumsi produk herbal Sido Muncul secara rutin, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi kemungkinan tertular penyakit.

(prf/ega)