TNI: Siap Beroperasi Jadi RS Corona, Wisma Atlet di Bawah Pangdam Jaya

Zunita Putri - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 13:04 WIB
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya Yudo Margono
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya Yudo Margono (Foto: Dok TNI)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Wisma Atlet sudah siap beroperasi sebagai RS Darurat Corona. Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Yudo Margono mengatakan Wisma Atlet akan beroperasi sore ini di bawah Pangdam Jaya.

"Wisma Atlet sudah langsung operasional di bawah Pangdam Jaya, di sini nanti jam 17.00 WIB akan sudah siap operasional, di mana di situ sudah disiapkan untuk operasionalnya menjadi tiga satgas," ujar Yudo saat konferensi pers di gedung BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Yudi menjelaskan tiga satgas yang dibentuk Pangdam Jaya adalah tenaga media, satgas pendukung dari Kodam dan Kogabwilhan, serta Satgas PAM yang melibatkan Marinir, Kopassus, dan TNI AU.

"Tiga satgas, yaitu satgas pendamping terdiri dari tenaga medis yang menangani langsung di ring satu, kemudian untuk satgas pendukung yang terdiri dari para pendukung dalam hal ini tim yang memasak pengendali dari Kodam, kita dari Kogabwilhan. Kemudian ada Satgas PAM yang terdiri dari satuan petugas pengamanan Marinir Koppasus dan Paskhas TNI AU," jelas Yudi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan sarana dan prasarana di Wisma Atlet Kemayoran yang akan dijadikan rumah sakit (RS) darurat untuk virus Corona sudah siap. Dia pun berharap RS itu bisa digunakan sore nanti.

"Saya juga melihat sarana-prasarana sudah siap. Baik untuk ruang penanganan pasien, ventilator, APD juga siap. Sehingga kita harapkan nanti sore RS darurat Corona ini bisa dipakai," kata Jokowi saat meninjau kesiapan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3).

Jokowi Sebarkan 105 Ribu APD Untuk Tenaga Medis Corona:

(zap/mae)