SBY: Pemerintah Makin Sigap Perangi Corona, Lockdown Bila Terpaksa

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 10:44 WIB
jokowi, jokowi berbicara, jokowi bertemu sby, sby bertemu jokowi, jokowi sby, sby jokowi
Potret Presiden Jokowi saat bertemu SBY beberapa waktu lalu. (Foto: dok Biro Pers Setpres)

Menurut SBY, saat ini yang terpenting adalah masyarakat menerapkan social distancing. Sebab, SBY menilai saat ini keadaan telah darurat.

"Yang sangat penting, marilah kita cegah pertemuan yg menghadirkan banyak orang (social distancing). Di mana pun, kita pelihara jarak antarmanusia (physical distancing), sekitar 1,5-2 meter. Ini keadaan darurat. Jangan dianggap mengada-ada," sebut SBY.

Masyarakat disiplin dan patuh, kata SBY, akan menyelamatkan semuanya. Dia mengajak seluruh elemen membantu pemerintah.

"Disiplin, kesadaran diri & kepatuhan masyarakat akan selamatkan kita semua. Mari kita bantu pemerintah. Kalau ada rekomendasi sampaikan baik-baik. Saya yakin pemerintah akan perhatikan saran-saran rakyatnya," kata SBY.

"Selamat bertugas Pak Jokowi & pemerintah. Tugas pemerintah berat namun mulia. Perjuangan masih panjang. Badai belum berlalu. Kalau kita bersatu, Indonesia akan selamat & sukses," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sarana dan prasarana di Wisma Atlet Kemayoran yang akan dijadikan rumah sakit (RS) darurat untuk virus Corona sudah siap. Dia pun berharap RS itu bisa digunakan sore nanti.

"Saya juga melihat sarana-prasarana sudah siap. Baik untuk ruang penanganan pasien, ventilator, APD juga siap. Sehingga kita harapkan nanti sore. RS darurat Corona ini bisa dipakai," kata Jokowi saat meninjau kesiapan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3).

selanjutnya
Halaman

(rfs/dhn)