Beredar Video Warga Jakarta Tak Takut Tertular Corona, Ini Kata Pemerintah

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 08:05 WIB
Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto
Yurianto (Foto: dok. BNPB)
Jakarta -

Beredar video TikTok yang merekam komentar beberapa warga Jakarta yang tak takut tertular wabah virus Corona COVID-19. Video itu direkam oleh Permadi Arya alias Abu Janda dan berdurasi 45 detik.

"Yang belinya juga datang ramai," kata Abu Janda sambil merekam video tersebut, seperti dilihat detikcom pada Minggu (22/3/2020) malam.

Video itu diawali pemandangan pedagang kaki lima di trotoar. Abu Janda menuliskan keterangan bahwa pedagang kaki lima tersebut menggelar dagangannya di kawasan arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan (Jaksel).

"Bapak pernah dengar virus Corona?" tanya Abu Janda kepada seorang pria berkaos hijau.

"Iya, memang kenapa?" jawab si pria tersebut.

"Takut sama virus Corona?" Abu Janda lanjut bertanya.

"Nggak takut. Kenapa mesti takut," jawab pria itu.

Dia lalu menanyakan hal yang sama ke beberapa orang lainnya di kawasan itu. Dan jawaban orang yang ditemui Abu Janda, sama dengan si pria berkaos hijau.

Menanggapi video tersebut, Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto meminta masyarakat yang sudah memiliki kesadaran tinggi akan bahaya virus Corona memberi tahu orang-orang kesadarannya masih rendah.

"Yang kesadarannya sudah tinggi, kasih tahu yang rendah. Sosialisasi harus ditingkatkan, sosialisasi oleh orang-orang yang sudah paham ke orang-orang yang belum paham. Kalau urusan negara, tidak mungkin diselesaikan satu orang. Sudah nggak kurang-kurang instruksinya (pemerintah terkait wabah virus Corona), toh saya tiap hari ngomong disiarkan se-Indonesia," ucap Yurianto saat dikonfirmasi detikcom.

Mengenal APD yang Dibutuhkan Tenaga Medis Saat Lawan Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(aud/maa)