BUMN Suplai Alat Kesehatan hingga Obat ke RS Darurat Wisma Atlet

Inkana Putri - detikNews
Minggu, 22 Mar 2020 15:43 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: dok BUMN
Jakarta -

RS Darurat penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran sudah bisa beroperasi mulai besok, Senin (23/3/2020). BUMN akan menyuplai alat kesehatan hingga obat-obatan.

"BUMN akan menyuplai kebutuhan-kebutuhan RS Darurat Penanganan Covid-19 ini, baik peralatan kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri dan masker. Selain itu, untuk kebutuhan komunikasi, kami juga sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi hingga 500 MB." ujar Menteri BUMN Erick Thohir, Minggu (22/3/2020).

Dalam pelaksanaannya, RS Darurat Penanganan Covid-19 ini akan dibagi menjadi 3 zona, yaitu Zona Hijau, Zona Kuning, dan Zona Merah. Zona Hijau adalah Tower 1 yang akan berisi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Di zona ini, hanya orang yang berkepentingan yang bisa memasuki daerah ini.

Sementara itu, Zona Kuning adalah Tower 3 yang akan berisi Dokter, Perawat dan Petugas Paramedis lainnya. Terakhir Zona Merah adalah Tower 6-7 yang merupakan RS Darurat Penanganan Covid-19. Selain pasien, hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang bisa masuk ke zona ini.

Dokter-dokter yang akan bekerja di sini merupakan gabungan dokter dari berbagai instansi dari Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, BUMN dan lainnya. Erick mengatakan apapun bisa dilalui jika semua mau bersatu.

"Percayalah, kalau kita semua mau bersatu, insya Allah apapun bisa kita lalui dengan baik. Saya apresiasi setinggi-tingginya semua pihak yang sudah bergerak cepat membantu Pemerintah untuk mewujudkan RS Darurat ini. Semoga upaya kita semua ini diridhoi Yang Maha Kuasa dan dapat menekan lajunya pandemi Covid-19 di Indonesia. Insya Allah selalu ada jalan,"jelasnya.

(ega/ega)