Dinkes ke 338 ODP Corona di Sumut: Tetap di Rumah, Karantina Diri!

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 19:10 WIB
Indonesia belum lama ini laporkan kasus pertama 2 WNI positif virus corona. Sebagai langkah pencegahan, warga di Jakarta pun kenakan masker saat beraktivitas.
Dinkes Sumut meminta masyarakat yang berstatus ODP terkait corona untuk isolasi diri di rumah. (Foto: Rifkianto Nugroho)


"Dalam rangka tracing ini kami sudah merekrut relawan dari masyarakat karena kami harus melakukannya sedemikian luas dan tersebar di seluruh kabupaten/kota," tuturnya.

"Kami masih berharap apabila ada rekan-rekan, saudara saya yang lain, yang berkenan untuk menjadi relawan silakan bergabung dengan kami," sambung Alwi.

Dia mengatakan saat ini Pemprov Sumut sedang menunggu rapid test corona tiba. Dia berharap dua pekan ke depan kasus corona bisa menurun dengan pelacakan dan pencegahan yang tepat.



Sebelumnya, Alwi mengatakan ada ODP ada COVID-19 yang tak mematuhi instruksi untuk berdiam diri di rumah. Oleh sebab itu, Dinkes Sumut pun memprediksi akan ada peningkatan ODP di Sumut dalam 2 pekan ke depan.

"Kita secara epidemiologi melihat dalam 2 minggu ke depan kemungkinan tetap ada peningkatan karena kemarin ODP-ODP yang kita minta secara sukarela untuk tetap tinggal di rumah itu tidak terlalu patuh dan akibatnya terjadilah seperti sekarang ini. Dengan kondisi seperti itu kemungkinan 2 minggu ke depan terjadi peningkatan," kata Alwi, Kamis (19/3).


(haf/dkp)