Dinkes DKI Jakarta-Good Doctor Sediakan Konsultasi Seputar Corona

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 19:35 WIB
Good Doctor
Foto: Dok. CNBC Indonesia
Jakarta -

Good Doctor bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta membentuk Team-9, yaitu unit kerja khusus dalam penanganan isu virus Corona (Covid-19). Layanan tanya jawab dengan dokter dalam GrabHealth ini akan membantu call center Dinkes DKI menanggapi tanya jawab masyarakat 24/7 mengenai Covid-19.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes DKI Jakarta, drg. Ani Rusitawati mengatakan pihaknya mengajak instansi nonpemerintah untuk bekerja sama dalam gerakan tanggap Corona. Kerja sama ini diwujudkan dalam menjaga kualitas konten edukasi masyarakat terkait Covid-19.

Lalu pemberdayaan sesi tanya jawab online layanan Good Doctor untuk memberikan klarifikasi atas informasi yang meresahkan atau membingungkan masyarakat, khususnya warga DKI Jakarta.

Dengan pelatihan ini, Good Doctor dapat memberikan sesi tanya jawab serta potensi risiko infeksi Covid-19 mulai dari kontak erat risiko rendah atau tinggi, sampai potensi ODP atau PDP untuk dirujuk ke Posko KLB Dinkes DKI Jakarta.

"Kami menyambut baik Good Doctor sebagai mitra yang proaktif mengikuti pelatihan khusus serta menyebarkan informasi yang bersumber dari Dinkes untuk lebih mengedukasi semua pengguna di platformnya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (20/3/2020).

"Warga DKI Jakarta kami imbau selain menghubungi hotline untuk informasi seputar Covid-19 dan terutama seputar risiko infeksi Covid-19, bisa langsung tanya dokter gratis tanpa dipungut biaya melalui layanan Good Doctor dalam aplikasi Grab di menu 'Kesehatan'," imbuhnya.

Sementara itu, Head of Medical Management of Good Doctor dr. Adhiatma Gunawan mengatakan kemitraan ini sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Lalu memperluas akses informasi terhadap langkah-langkah yang tepat untuk menghadapi potensi wabah Covid-19 oleh mitra dokter Good Doctor kepada masyarakat.

Diungkapkannya, Good Doctor mencatat adanya lonjakan hingga hari Selasa (17/3), Good Doctor sendiri mencatat adanya lonjakan sebesar 26 kali lipat pada sesi tanya jawab online antara pengguna dengan tim Good Doctor, yang didominasi oleh pertanyaan seputar gejala COVID-19 serta klarifikasi berbagai informasi seputar topik tersebut dari ranah online secara umum.

"Warga DKI Jakarta dapat tanya jawab langsung dengan dokter kami, bukan dengan chatbot, yang tentunya dengan respon cepat dan akurat terhadap semua pertanyaan yang diberikan, serta layanan tanya jawab ini tidak dipungut biaya atau gratis," ujarnya.

(prf/ega)