Cegah Virus Corona, Masjid Sunda Kelapa Tiadakan Sholat Jumat Dua Pekan

Erwin Dariyanto - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 21:56 WIB
Takjil di Masjid Sunda Kelapa
Masjid Sunda Kelapa meniadakan sholat Jumat dua pekan, antisipasi penyebaran virus corona (Foto: dok. detikFood0
Jakarta -

Mengikuti instruksi Gubernur DKI Jakarta, Masjid Agung Sunda Kelapa di Menteng, Jakarta Pusat mulai besok meniadakan sholat Jumat hingga dua pekan ke depan. Keputusan ini diambil sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Meniadakan Pelaksanaan Sholat Jumat di Masjid Agung Sunda Kelapa selama dua pekan ke depan atau dapat diperpanjang melihat perkembangan selanjutnya," kata Ketua Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa, H.M. Aksa Mahmud dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 19 Maret 2020.

Selain itu segala bentuk aktifitas dakwah di Masjid Agung Sunda Kelapa juga ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Terkait sholat fardhu berjamaah, tetap bisa dilaksanakan. Namun kepada para jamaah diharapkan untuk menghindari kontak fisik dengan jamaah lain, terutama berjabat tangan.

Jamaah juga diimbau untuk membawa sajadah, sapu tangan atau alas sujud sendiri. Juga kepada para jamaah yang sholat di Masjid Agung Sunda Kelapa diimbau untuk menjaga kebersihan.

"Bagi jemaah yang sedang batuk, demam dan mengalami gejala sakit seperti flu/salesma agar melaksanakan sholat di rumah masing-masing dan tidak diperkenankan datang ke Masjid Agung Sunda Kelapa," kata Aksa Mahmud.

Berikut ini pengumuman lengkap Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sehubungan dengan seruan Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang disampaikan pada 19 Maret 2020 terkait upaya meminimalisir resiko penularan Corona Virus Disease (Covid-19), serta merujuk kepada fatwa Majlis Ulama Indonesia (MUI) Nomer 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19, maka dengan ini, Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa memutuskan untuk :

1. Meniadakan Pelaksanaan Sholat Jumat di Masjid Agung Sunda Kelapa selama dua pekan ke depan atau dapat diperpanjang melihat perkembangan selanjutnya.

2. Menangguhkan segala bentuk aktifitas dakwah di Masjid Agung Sunda Kelapa hingga batas waktu yang belum ditetapkan.

3. Adapun sholat fardhu berjemaah di luar sholat jumat tetap dilaksanakan, dan bagi yang hendak melaksanakan sholat fardhu di Masjid Agung Sunda Kelapa diharapkan untuk :

I. Menghindari kontak fisik dengan jemaah lainnya terutama berjabat tangan.

II. Membawa sajadah/ sapu tangan/ alas sujud sendiri.

III. Menjaga kebersihan selama berada di Masjid.

4. Bagi jemaah yang sedang batuk, demam dan mengalami gejala sakit seperti flu/salesma agar melaksanakan sholat di rumah masing-masing dan tidak diperkenankan datang ke Masjid Agung Sunda Kelapa.

Demikian kami sampaikan untuk dapat dimaklumi dan dilaksanakan demi kemaslahatan kita semua. Semoga Allah SWT meridhai ikhtiar kita. Aamiin

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ketua Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa

H. M. Aksa Mahmud

(erd/row)