Belum Dilarang Secara Tertulis, Bisakah Penimbun Masker Dijerat Jaksa?

ADVERTISEMENT

Belum Dilarang Secara Tertulis, Bisakah Penimbun Masker Dijerat Jaksa?

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 16:21 WIB
Antrean warga tampak mengular panjang di kawasan Pasar Pramuka, Jakarta. Para warga rela antre berjam-jam untuk mendapatkan masker murah.
Antre beli masker. (Foto: dok. detikcom)
Sementara itu, merujuk pada Pasal 29 UU Perdagangan, kategori barang terdiri atas dua jenis, yaitu 'barang kebutuhan pokok' dan 'barang penting'. Ketentuan lebih lanjut mengenai penyimpanan barang kebutuhan pokok dan barang penting diatur di Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang.

Dalam Pasal 1 Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, dijelaskan tentang definisi barang kebutuhan pokok.

Barang Kebutuhan Pokok adalah barang yang menyangkut hajat hidup orang banyak dengan skala pemenuhan kebutuhan yang tinggi serta menjadi faktor pendukung kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, definisi barang penting berdasarkan perpres tersebut adalah 'barang strategis yang berperan penting dalam menentukan kelancaran pembangunan nasional'.

Pemerintah juga menjabarkan apa saja yang masuk kategori barang penting dan barang kebutuhan pokok. Hal itu diatur dalam Pasal 2 ayat 6 Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting.

Berdasarkan perpres tersebut, jenis barang kebutuhan pokok terbagi tiga jenis, yakni barang kebutuhan pokok hasil pertanian, hasil industri, serta hasil peternakan dan perikanan. Adapun Barang Kebutuhan Pokok hasil pertanian adalah beras, kedelai bahan baku tahu dan tempe, cabe, bawang merah.

Sedangkan Barang Kebutuhan Pokok hasil industri adalah gula, minyak goreng, tepung terigu. Sementara Barang Kebutuhan Pokok hasil peternakan dan perikanan adalah daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, serta ikan segar, yaitu bandeng, kembung, dan tongkol/tuna/cakalang.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT