Antisipasi Corona, Kapal Pesiar Dilarang Sementara Masuk Taman Nasional Komodo

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 12:16 WIB
Pantai Pink di Taman Nasional Komodo
Foto: Dadan Kuswaraharja/detikcom
Pelarangan sementara ini, menurutnya, akan dievaluasi dengan memperhatikan kebijakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktur Jenderal KSDAE, serta pemerintah daerah dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Dia menjelaskan larangan tersebut mempertimbangkan sejumlah aspek, di antaranya dalam melakukan pendampingan kunjungan wisatawan dari kapal pesiar, petugas dan masyarakat melakukan interaksi yang intensif selama aktivitas berlangsung.

Kapal-kapal pesiar yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo juga melalui rute perjalanan yang panjang dan menyinggahi negara-negara atau kota-kota yang diketahui telah terinfeksi virus Corona, seperti Australia, Vietnam, China, Jepang, Eropa, dan Amerika.

Selain itu, penyebaran COVID-l9 semakin luas di beberapa tempat di Indonesia dan Presiden Republik Indonesia telah menetapkannya sebagai bencana nasional non-alam.

"Oleh karena itu, untuk pencegahan, kami mengeluarkan larangan ini untuk melindungi para petugas dan masyarakat agar tidak tertular COVID-19 yang sudah merebak di banyak tempat," katanya.

Halaman

(asp/asp)