Gatot Ajak Makmurkan Masjid, dr Corona: Yang Hadir Belum Tentu Bebas COVID-19

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 08:16 WIB
dr Corona Rintawan. (Dok FaceBook Corona Rintawan)
Foto: dr Corona Rintawan. (Dok FaceBook Corona Rintawan)
Jakarta -

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menggaungkan gerakan memakmurkan masjid dan salat berjemaah di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Namun Muhammadiyah menyarankan untuk menghindari salat berjemaah di masjid karena situasi darurat.

"Kalau dari kami mengimbau tetap supaya mengurangi kegiatan berkumpulnya massa. Karena pada kondisi darurat memang kemarin sedang dibicarakan oleh tim kalau dari Muhammadiyah, ada Majelis dan Fatwa, itu yang sedang diskusikan tetapi saat ini memang sementara mengimbau untuk menghindari kegiatan berkumpul massa, terlepas itu memang untuk salat Jumat kita mengimbau sebaiknya dihindari karena kita tidak tahu apakah ada orang yang terkena atau tidak, kan seperti itu," kata pemimpin Muhammadiyah COVID-19 Command Center, dr Corona Rintawan, saat dihubungi, Kamis (19/3/2020).

dr Corona mengkhawatirkan seorang jemaah yang terinfeksi virus Corona dapat menularkan virus ke jemaah lain. Di sisi lain, pemeriksaan laboratorium Corona di Indonesia juga masih terbatas.

"Jadi memang itu kita namakan super infeksi, jadi kenapa kita mengimbau untuk membubarkan atau membatalkan semua cara keramaian massa, karena pemeriksaan lab terbatas belum bisa dilakukan secara massal, jadi kita memang belum tahu apakah yang hadir itu 100 persen bebas COVID-19 atau tidak," ujar dia.

Karena itu, kata dr Corona, saran untuk tidak salat berjemaah di masjid ini semata-mata untuk menghindari penularan virus semakin luas. Menurut dia, ada keringanan dalam ibadah jika berada dalam situasi darurat.

"Dalam kondisi darurat itu salat Jumat itu tidak wajib kan, dalam perjalanannya pun tidak wajib salat Jumat. Kalau tidak dalam kondisi darurat, bisa diganti salat Zuhur kan apalagi dalam kondisi darurat seperti ini," kata dr Corona sembari mencontohkan soal ibadah salat Jumat.

Selanjutnya
Halaman
1 2