ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Terkini Ijtima Dunia di Gowa Dibatalkan Gegara Corona

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 07:51 WIB
Jamaah Ijtima Dunia tiba di Gowa Sulsel
Foto: Jamaah Ijtima Dunia tiba di Gowa (dok.Istimewa)

Kawal Pemulangan Peserta

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menjelaskan acara ijtima ini yang rencananya akan digelar di Pakkatto, Gowa, ini pada dasarnya sejak awal telah diminta ditunda untuk mencegah penyebaran virus corona.

Nurdin menyebut para pihak seperti pemerintah kabupaten Gowa, MUI dan kepolisan telah melakukan koordinasi terkait rekomendasi penundaan.

"Namun ternyata panitia lokal tetap melaksanakan acaranya sehingga ribuan peserta dari sejumlah daerah di Indonesia dan ratusan dari luar negeri terlanjur hadir melalui pelabuhan dan bandara," ujar Nurdin.

Nurdin pun mengaku telah meminta pihak kepolisan meminimalisir interaksi para peserta dengan warga di sekitar lokasi acara atau membatasi ruang gerak para peserta agar tidak melakukan kontak dengan warga.

"Selanjutnya kita akan mengantar mereka pulang ke pelabuhan dan bandara dengan pengamanan yang dibutuhkan," ujar Nurdin.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang menyikapi hal ini, kami berkomitmen untuk menjaga seluruh warga dari kemungkinan penularan virus COVID-19 lebih meluas," pungkas Nurdin.

Hal senada juga disampaikan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang mengatakan jemaah yang terlanjur hadir akan dilakukan tes atau pemeriksaan lebih lanjut ke para jemaah yang diperkiranan mencapai 40-60 orang.

"Semua yang sudah hadir akan terus kita jaga untuk bisa kembali ke tempat masing-masing," kata Adnan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT