Pertamina Plaju Panen Ikan Lele Perdana di Batalyon Arhanud 12/SBP

Abu Ubaidillah - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 17:22 WIB
Pertamina
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III Plaju melakukan panen perdana ikan lele di kolam Baterai Tempur Punai (Baterai P), Pakjo bersama dengan Batalyon Arhanud 12/SBP. Region Manager Com, Rel & CSR Pertamina Sumbagsel Rifky Rakhman Yusuf mengatakan budidaya ikan lele tersebut diharapkan dapat konsisten dan berkembang sehingga memberi manfaat kepada masyarakat, khususnya anggota Batalyon Arhanud 12/SBP.

"Program CSR ini telah berhasil mencapai panen perdananya. Semoga hasil dari kolaborasi dan sinergitas ini terus konsisten, berkembang, dan dapat memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat umum," ujar Rifky dalam keterangan tertulis, Selasa (17/3/2020).

Panen perdana ikan lele dilakukan secara simbolis dengan menjaring ikan bersama pada 5 kolam berbeda oleh Manager HSSE RU III Plaju Seno Haryono, Komandan Batalyon Arhanud 12/SBP Letkol. Arh. Faris Kurniawan, Region Manager Com,Rel & CSR Pertamina Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf, Kepala Bidang Pakan Pembenihan Kesehatan Ikan dan Lingkungan Ir. H. Andry Tanara, MT, Kepala Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan Dr. Arif Wibowo, SP M.Si, dan Kasubag Tata Usaha BKSDA Sumatera Selatan, Sunyoto, SH. Kegiatan dilanjutkan dengan memindahkan 10.000 bibit ikan patin ke kolam budidaya.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Batalyon Arhanud 12/SBP Letkol. Arh. Faris Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Pertamina RU III Plaju dan semua pihak yang berkontribusi dalam program budidaya ini.

"Terima Kasih kepada Pertamina atas program CSR yang telah diberikan serta support penuhnya dari Dinas Perikanan Kota Palembang dan BKSDA Sumatera Selatan. Ini menjadi suatu modal pijakan untuk terus mengembangkan potensi yang ada," terang Faris.

Sejak Desember 2019, Batalyon Arhanud 12/SBP telah melakukan kegiatan budidaya ikan air tawar melalui binaan tim CSR Pertamina RU III Plaju dan Dinas Perikanan Kota Palembang. Kegiatannya meliputi peningkatan kapasitas melalui budidaya ikan air tawar dan pembuatan pakan ikan mandiri, penyediaan bibit, sarana kolam, alat pembuat pakan, dan pembuatan kolam pemijahan.

Dari total 10.000 ekor benih ikan lele yang ditebar pada Desember 2019, proyeksi laba panen yang diperoleh sekitar Rp 19 juta dalam rentang waktu 2,5 bulan untuk 5 waring. Hasil panen akan disedekahkan bagi yang membutuhkan dan sebagian akan digunakan untuk pengembangan budidaya ikan lele selanjutnya.

Selain ikan lele dan ikan patin, program CSR dari Pertamina RU III Plaju ini juga telah merintis penangkaran untuk melestarikan ikan belida yang dilindungi serta menjadi ikon Kota Palembang.

Serangkaian kegiatan dalam program CSR yang dilakukan oleh Pertamina RU III Plaju untuk menciptakan ketahanan pangan produk lokal dengan memanfaatkan lahan tidur.

(prf/ega)