5 Pembunuh Anggota Pemuda Pancasila di Medan Divonis 6 Tahun Penjara

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 17:18 WIB
Sidang vonis kasus pembunuhan anggota Pemuda Pancasila di Medan.
Sidang vonis kasus pembunuhan anggota Pemuda Pancasila di Medan. (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Hakim Pengadilan Negeri Medan menjatuhkan hukuman 6 tahun penjara terhadap 5 terdakwa kasus pembunuhan anggota ormas Pemuda Pancasila (PP), Syahdilla Hasan Afandi. Vonis ini lebih berat dari tuntutan jaksa, yakni 4 tahun penjara.

Kelima terdakwa itu ialah Irwansyah alias Iwan Bebek, Setiono alias Penong, M Suheri Alfaris alias Heri Porter, Dedi Syahputra alias Tamil, dan Putra Riocardo alias Rio. Mereka hadir didampingi para penasihat hukum untuk mendengarkan vonis di ruang Cakra Utama PN Medan, Selasa (17/3/2020).

"Mengadili menyatakan kelima terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 170 ayat (2) ke-3 KUHPidana dengan hukuman penjara selama 6 tahun," kata hakim ketua Irwan Effendi.

Dalam pertimbangannya, hakim menilai perbuatan terdakwa telah meresahkan masyarakat. Hakim juga menilai para terdakwa terbukti menghilangkan nyawa orang lain.

"Sedangkan hal yang meringankan pelaku mengakui perbuatannya," sebut hakim.

Direktur LBH IPK Kota Medan selaku penasihat hukum para terdakwa, Chandra Sigalingging, mengaku kecewa atas vonis itu. Alasannya, vonis lebih tinggi dibanding tuntutan jaksa.

"Sedikit ada kecewa. Tidak sesuai harapan. Soalnya, kemarin di tuntutan 4 tahun. Tiba-tiba hakim ambil kesimpulan vonis 6 tahun. Jadi untuk upaya hukum ke depan ada waktu tujuh hari untuk kita pikir-pikir dulu," sebut Chandra.

Selanjutnya
Halaman
1 2