PPP Minta Pemerintah Pusat Aktif Petakan-Awasi Sebaran Corona di Daerah

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 15:40 WIB
Arwani Thomafi
Arwani Thomafi (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

PPP mendukung sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyerahkan kepada pemerintah daerah soal penetapan status bencana penyebaran virus Corona (COVID-19). Namun, PPP meminta pemerintah pusat aktif memetakan dan melakukan pengawasan persebaran virus Corona di daerah-daerah.

"Kalau dilihat dari perspektif masalah kesehatan adalah bagian yang sudah didentralisasikan. Maka status kebencanaan terkait virus Corona itu memang menjadi kewenangan dari daerah. Untuk sinergitas, sebelum menetapkan status, daerah berkoordinasi dengan pusat atau gugus tugas sebagaimana dalam Kepres Nomor 7 Tahun 2020," kata Waketum PPP Arwani Thomafi kepada wartawan, Selasa (17/3/2020).

Namun, Arwani mengingatkan bahwa pemerintah pusat tidak boleh begitu saja menunggu pihak pemerintah daerah (pemda) melapor. Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu menilai pemerintah harus aktif memfasilitasi pemda-pemda.

"Problemnya ini kerja percepatan melawan penyebaran virus, sehingga pusat tidak bisa menunggu daerah lapor dan meminta konsultasi. Tapi pusat harus aktif melakukan pemetaan, supervisi, menetapkan SOP target indikator percepatan, juga fasilitasi anggaran," papar Arwani.

"Tidak semua RS di daerah itu dikendalikan oleh daerah, juga terkait dengan prosedur diagnosa kasus," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2