ADVERTISEMENT

Ini Negara-negara yang Putuskan 'Lockdown' Gegara Virus Corona

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 11:59 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)

9. Spanyol

Pemerintah otonomi Catalonia di Spanyol memberlakukan lockdown regional terhadap empat kota sekaligus dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona. Langkah ini diambil setelah jumlah kasus di Spanyol melonjak tinggi.

Empat kota yang di-lockdown terkait virus Corona adalah Igualada, Vilanova del Cami, Santa Margarida de Montbui, dan Odena. Sekitar 70 ribu orang yang tinggal di empat kota itu terdampak langkah tegas yang diberlakukan mulai Kamis (12/3) malam waktu setempat.

Namun, dua hari yang lalu ini Spanyol memutuskan me-lockdown seluruh kotanya. Sebab, setiap harinya pasien Corona di Spanyol terus bertambah.

10. Libanon

Libanon melarang penerbangan dari dan ke 11 negara yang tengah dilanda wabah virus Corona. Keputusan ini berlaku sejak Kamis (12/3).

Ke-11 negara yang dilarang itu adalah Italia, Iran, China, Korea Selatan, Prancis, Jerman, Spanyol, Inggris, Irak, Mesir, dan Suriah.


Sebelum 11 negara tersebut me-lockdown kota di negara mereka, Selandia Baru sudah lebih dulu melakukan lockdown. Pemerintah Selandia Baru melarang WNA dari mana pun masuk ke negaranya sejak 3 Februari 2020 lalu saat kasus Corona di China heboh.

Lockdown diberlakukan selama 14 hari. Larangan ini juga berlaku untuk semua pengunjung asing yang berangkat dari China ataupun hanya transit di sana.


(zap/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT