Komisi II: PNS Kerja dari Rumah Tanggung Jawab Moral, Jangan Liburan

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 10:19 WIB
saan mustopa
Saan Mustopa (Hakim Ghani/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah memutuskan aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) bekerja dari rumah (work from home) di tengah wabah Corona. Komisi II DPR RI meminta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) membuat mekanisme pertanggungjawaban.

"Sekarang tinggal bagaimana pertanggungjawaban moral para PNS yang kerja di rumah itu agar mereka bertanggung jawab dan tidak menyalahgunakan kebijakan ini dengan cara, misalnya dia tidak bekerja bahkan mereka malah menggunakan untuk liburan ke luar," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa kepada wartawan saat dihubungi, Selasa (17/3/2020).

"Bukan hanya di rumah, bekerja, sambil tadi menghindari tingkat penyebaran dan kena, terpapar Corona. Makanya memang harus ada mekanisme pertanggungjawabannya," imbuhnya.

Saan menilai kementerian maupun pemerintah daerah (pemda) dapat memberlakukan kebijakan pelaporan kerja melalui e-mail. Atau, sebut politikus NasDem itu, bisa juga memanfaatkan mekanisme komunikasi, seperti lewat grup WhatsApp (WA).

"Kan bisa lewat e-mail. Masing-masing instansi, masing-masing sektor, kerdirjenan, kedinasan, mereka kan punya mekanisme komunikasi. Artinya antara bawahan dengan atasan, misalnya antara kepala dinas, sekretaris dinas, kepala bagian. Nah mereka kan tentu punya mekanisme komunikasi yang selama ini sudah mereka lakukan," sebut Saan.

"Kaya misalnya kita punya grup WA. Selain juga tadi e-mail dan sebagainya. Nah ini bisa dimaksimalkan untuk bagian dari kontrol," lanjutnya.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan secara resmi bahwa ASN atau pegawai negeri sipil (PNS) bekerja dari rumah (work from home). Kebijakan tersebut dilakukan hingga 31 Maret 2020.

"Pelaksanaan tugas kedinasan di tempat tinggal sebagaimana dimaksud dilakukan sampai dengan 31 Maret dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan," kata MenPAN-RB Tjahjo Kumolo dalam telekonferensi yang dikutip detikcom dari akun YouTube resmi KemenPAN-RB, Senin (16/3).

Kebijakan ASN kerja dari rumah diputuskan seiring dengan dikeluarkannya Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan COVID-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Tonton juga Sebagian ASN Pemkab Surakarta Mulai Besok Kerja dari Rumah :

[Gambas:Video 20detik]



(zak/gbr)