Asyik, Urus Paspor di Lippo Mall Kemang Bisa di Hari Sabtu

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 13:53 WIB
Bagi yang ingin ke luar negeri, paspor merupakan dokumen utama. Untuk membuat paspor harus melewati sejumlah langkah. Begini proses pembuatan paspor di kantor Imigrasi Jakarta Pusat.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kantor Imigrasi Jakarta Selatan membuka Unit Layanan Paspor (ULP) Lippo Mall Kemang di hari Sabtu. Imigrasi Jaksel mengubah waktu operasional ULP Lippo Mall kemang dari sebelumnya Senin-Jumat menjadi Selasa-Sabtu.

Waktu operasional baru itu berlaku mulai 17 Maret 2020. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus non TPI Jakarta Selatan menjadi pionir dalam penyediaan layanan di akhir pekan secara permanen.

Dijelaskan Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kanim Jaksel, NR Pujiastuti, perubahan jam operasional tersebut ditetapkan berdasarkan pengalaman tingginya jumlah pemohon pada layanan paspor simpatik dan Immigration Goes to Mall yang dibuat di akhir pekan. Pihak Imigrasi Jaksel juga menerima sejumlah permintaan untuk membuka layanan di akhir pekan lewat media sosial.

"Banyak saran yang masuk melalui media sosial kami, agar kami dapat memberikan pelayanan pada akhir pekan," kata Pujiastuti dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (16/3/2020).

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas I non TPI Jakarta Selatan, A.T. Yanda, mengatakan dengan adanya layanan di akhir pekan diharapkan masyarakat lebih mudah untuk mengurus paspor. Mereka bisa mengurus paspor sambil menghabiskan waktu libur akhir pekan.

"Dengan dibukanya pelayanan paspor secara permanen di hari Sabtu, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengurus paspor tanpa mengganggu waktu kerja sehingga tidak perlu mengajukan izin/cuti di tempat kerja masing-masing," ujar Yanda.

Perubahan jam operasional ini tidak mengurangi jatah libur para pekerja di ULP Lippo Mall Kemang. Mereka hanya mengalami pergantian hari libur dari Sabtu-Minggu menjadi Minggu-Senin.

"Iya kami di sini kan tetap dapat libur di hari Senin, jadi kami sih nggak masalah dan bisa tetap semangat memberikan pelayanan bagi masyarakat," ungkap Sarah Melita Indrani salah satu petugas di ULP Lippo Mall Kemang.

(prf/ega)