Ridwan Kamil Ungkap Peta Persebaran Corona di Jabar

Zunita Putri - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 01:01 WIB
Ridwan Kamil
Foto: Ridwan Kamil (Kadek-detikcom)

Dia juga meminta masyarakat Jabar menjadikan ini sebagai acuan untuk menjaga diri. Dia mengimbau agar tidak ada reaksi berlebihan dari peta sebaran Corona ini.

"Data ini silakan digunakan warga untuk proaktif agar saling mengingatkan untuk menjaga diri, dan mengurangi interaksi sosial di zona merah dan kuning, tanpa reaksi sosial berlebihan," jelasnya.

"Testing proaktif untuk mereka yang terlihat sehat dan tidak bergejala, akan dilakukan kepada lingkaran keluarga dan teman mereka yang PDP atau positif," imbuhnya.

Mantan Wali Kota Bandung itu juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang. Dia juga mengimbau agar masyarakat mempercayakan ini ke pemerintah.

"Kita harus tetap tenang karena banyak berita baik juga. 2 Rumah Sakit untuk virus Corona sudah ditutup di Wuhan, menandakan banyak yang sembuh dengan berbagai metode penyembuhan terkini," tutur dia.

View this post on Instagram

BEWARA: PETA DIGITAL INTERAKTIF SEBARAN (BELUM UPDATE 100%) untuk ODP (Orang Dalam Pemantauan) berwarna BIRU artinya tidak sakit tapi dimonitor pergerakannya. Kemudian PDP (Pasien Dalam Pengawasan) berwarna KUNING artinya dirawat dirumah sakit tapi belum tentu positif. DAN Pasien yang Positif oleh virus covid-19 berwarna MERAH. Jika di klik data kelurahan atau desa akan muncul. Data ini silakan dijadikan parameter untuk pimpinan desa/kelurahan, camat sampai Bupati/Walikota untuk melakukan antisipasi dan edukasi yang terukur dan rasional. Data ini silakan digunakan warga untuk proaktif agar saling mengingatkan untuk menjaga diri dan mengurangi interaksi sosial di zona merah dan kuning, tanpa reaksi sosial berlebihan. Testing proaktif untuk mereka yang terlihat sehat dan tidak bergejala, akan dilakukan kepada lingkaran keluarga dan teman mereka yang PDP atau positif. Data interaktif ini akan muncul pukul 21.00 di website http://pikobar.jabarprov.go.id dan nantinya data ini juga muncul di APPS PIKOBAR yang sedang dikerjakan dan data masih terus diupdate tiap saat. KITA HARUS TETAP TENANG KARENA BANYAK BERITA BAIK JUGA. 2 Rumah Sakit untuk Virus Corona sudah ditutup di Wuhan, menandakan banyak yang sembuh dengan berbagai metode penyembuhan terkini. Terima Kasih Hatur Nuhun pisan kepada tim IT Pemprov Jabar yang sudah lembur-lembur melaksanakan tugas dari Gubernur untuk menampilkan data yang sangat dibutuhkan masyarakat ini. We love you 3000.

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on Mar 15, 2020 at 4:51am PDT


(zap/eva)