Respons COVID-19, Jokowi: Pelajar dan Mahasiswa Belajar dari Rumah

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 14:53 WIB
Presiden Jokowi mengecek fasilitas di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta guna mencegah penyebaran virus corona COVID-19. Jokowi ikut dicek suhu tubuhnya.
Foto ilustrasi Jokowi mengecek pemeriksaan dalam situasi wabah Corona. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan para kepala daerah membuat kebijakan supaya pelajar sekolah dan mahasiswa tidak ke gedung sekolah atau kampus selama masa COVID-19 ini. Dengan demikian, kegiatan belajar-mengajar di gedung sekolah dan kampus perguruan tinggi ditiadakan sementara.

"Membuat kebijakan tentang proses belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa," kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, disiarkan langsung lewat akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, Minggu (15/3/2020).

Guna merespons merebaknya virus Corona ini, Jokowi mengulas kebijakan-kebijakan di dunia. Sebagian negara melakukan lockdown, tapi sebagian lainnya tidak. Namun, Jokowi tidak me-lockdown negaranya, setidaknya lewat pengumumannya yang terbaru ini.

"Pemerintah terus berkomunikasi dengan WHO dan menggunakan protokol kesehatan WHO serta berkonsultasi dengan para ahli kesehatan masyarakat dalam rangka menangani penyebaran COVID-19 ini," kata Jokowi.

Dia menjelaskan pemerintah telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 yang diketuai oleh Kepala BNPB, Irjen TNI Doni Monardo. Gugus Tugas tersebut dikatakannya telah bekerja mensinergikan kekuatan pusat maupun daerah, melibatkan TNI dan Polri, serta melibatkan dukungan swasta, lembaga sosial, dan perguruan tinggi.

Simak Video Tips Jokowi Cegah Virus Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/asp)