Cegah Penyebaran Corona, Begini Kondisi Monas yang Ditutup Anies

Jehan Nurhakim - detikNews
Sabtu, 14 Mar 2020 10:25 WIB
Poster informasi penutupan monas
Poster informasi penutupan monas (Foto: jehan/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan penutupan sementara destinasi wisata yang dikelola pemprov DKI. Informasi penutupan selama 14 hari ke depan itu sudah terpampang disetiap tempat wisata, salah satunya Monas.

Pantauan detikcom, di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020) tampak sebuah spanduk menempel di pagar pintu Monas. Dalam spanduk itu bertuliskan informasi penutupan Monas untuk mengantisipasi penyebaaran virus Corona.

"Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19) dan proses disinfektan/ sterilisasi mulai tanggal 14 s/d 28 Maret 2020 kawasan Tugu Monas serta Tugu Proklamsi ditutup sementara!," begitu bunyi poster tersebut.

Terlihat beberapa petugas polisi, Dinas Perhubungan (Dishub), dan petugas kebersihan tampak berada di lokasi. Sementara untuk aktivitas pengunjung, di kawasan Monas terpantau sepi dari pengunjung.

Namun, ada salah satu komunitas sepeda yang tengah menepi di dekat pintu gerbang Monas. Mereka telah mengetahui informasi penutupan sementara destinasi-destinasi wisata di Jakarta.

"Sudah tahu dari media cetak dan Tv, ini aja biasa bersepeda, silaturahmi setiap Sabtu-Minggu ketemu sesama anggota," kata salah satu anggota komunitas sepeda bernama Mundari, saat ditemui detikcom, di lokasi, Sabtu (14/03/2020).

Mundari merasa tak keberatan dengan penutupan tempat-tempat wisata yang berada di Jakarta ini. Menurutnya, langkah pemerintah sudah tepat untuk mengantisipasi penyebaran wabah Corona.

"Langkah Pemda DKI dibawah kepemimpinan dari Anies saya bilang sudah sangat tepat. Jadi dikasih waktu 14 hari, mungkin pemulihan dulu ya, supaya bersih dulu, mungkin di Monas mau disemprot dulu atau bagaimana, disterilkan dulu. Nanti setelah 14 hari dibuka kembali," katanya.

(fas/fas)