Pesan Jokowi soal Pencegahan Corona di Bandara Soekarno-Hatta

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 22:20 WIB
Jokowi di Soetta
Foto: dok AP II
Jakarta -

Presiden Joko Widodo meninjau proses pengecekan kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta. Jokowi mengatakan prosedur pengecekan yang dilakukan petugas bandara terhadap penumpang dari luar negeri sudah cukup ketat.

Bandara Soekarno-Hatta menerapkan prosedur pengecekan berlapis. Hal itu dimaksudkan agar pemeriksaan lebih detail dan akurat. Para penumpang juga diwajibkan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan.

"Kemudian, kalau berasal dari negara yang sudah kita waspadai, masuk (dicek) ke pintu yang berbeda dan dicek untuk yang empat negara, dicek tiga kali. Kalau yang dari negara di luar itu dicek dua kali oleh thermal scanner dan thermal gun. Saya kira sebuah keharusan yang menurut saya ketat," kata Jokowi, Jumat (13/3/2020).

Presiden juga melihat kegiatan disinfeksi melalui penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area bandara. Petugas menyemprotkan cairan disinfektan secara berkala untuk mensterilkan area bandara dari virus.

Jokowi mengingatkan proses disinfeksi dan pengecekan penumpang harus dilakukan terus-menerus untuk meminimalkan penyebaran virus Corona. Apalagi Bandara Soekarno-Hatta termasuk bandara tersibuk dengan penumpang mencapai 60-70 juta orang setiap tahunnya.

"Kalau di airport dan pelabuhan, kemudian stasiun, saya kira pemerintah, BUMN, juga telah melakukan (penyemprotan cairan disinfektan) sejak seminggu lalu. Tapi saya hanya ingin memastikan bahwa ini terus dilakukan setiap hari," ujar Jokowi.

Sementara itu, President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menjelaskan khusus untuk penumpang dari empat negara, yaitu Iran, Korea Selatan, Italia, dan China, disediakan jalur khusus untuk melewati pengecekan yang lebih ketat. Peningkatan prosedur pemeriksaan penumpang, kata Awaludin, tetap dilakukan dengan memperhatikan kenyamanan penumpang.

"Seluruh stakeholder di Soekarno-Hatta dan bandara-bandara lain di bawah PT Angkasa Pura II berkomitmen melakukan pengecekan guna meminimalisasi risiko penyebaran Corona, namun tetap dengan mengedepankan aspek pelayanan, keamanan, dan keselamatan," kata Awaluddin.

Dalam kunjungannya ke Terminal 3, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kapolri Idham Aziz, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo, dan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

(ega/ega)