Kasus Aborsi 903 Janin di Senen di Ungkap Polisi, Komnas PA Beri Apresiasi

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 11:44 WIB
Penghargaan Komnas PA Atas Pengungkapan Kasus Aborsi di Senen
Foto: Penghargaan Komnas PA Atas Pengungkapan Kasus Aborsi di Senen (Matius Alfons)

"Ada latarbelakang dan membuat peristiwa itu jadi gerakan nasional untuk memberantas dan memutus mata rantai kejahatan terhadap anak termasuk apa yang terjadi di lingkungan Polda Metro Jaya," ujar Haris.

Sementara itu, Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Iwan Kurniawan mengapresiasi penghargaan dari Komnas PA. Menurutnya penghargaan ini bisa menjadi dorongan untuk terus memberantas kasus aborsi ilegal.

"Mudah-mudahan ini menjadi semangat menambah semangat dari anggota sekalian khususnya Ditreskrimsus Polda Metro Jaya ini untuk meningkatkan kinerjanya lebih baik lagi, bisa mengungkap perkara-perkara aborsi ilegal maupun yang lain semuanya," sebutnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya membongkar klinik aborsi di Senen, Jakarta Pusat pada Senin (17/2) lalu. Di klinik tersebut. polisi menangkap 3 orang tersangka.

Klinik ini telah melakukan aborsi terhadap 903 bayi sejak 2018. Selain itu, keuntungan yang diraup dari bisnis ini mencapai Rp 5,5 miliar.

"Saya sudah sampaikan 1.632 orang pernah ditangani di sini, dengan 903 dia aborsi selama 21 bulan sejak 2018 sampai sekarang ini. Total dia terima hasil pemeriksaan kita Rp 5,5 miliar lebih," terang Yusri.


(maa/mei)