Fadli Zon: Keris yang Dikembalikan Belanda Bukan Naga Siluman, tapi Naga Raja

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 14:17 WIB
Belanda membawa pulang keris Pangeran Diponegoro. Keris tersebut sempat dipajang di Istana Bogor.
Keris Pangeran Diponegoro yang dipamerkan. (Dok. Biro Setpres)
Jakarta -

Keris pahlawan nasional Pangeran Diponegoro yang dikembalikan oleh Belanda kepada Indonesia diklaim sebagai keris Naga Siluman. Namun anggota DPR RI Fadli Zon menyebut keris itu bukan Naga Siluman, melainkan keris Naga Raja.

"Kalau keris yang dibawa kembali ini keris Naga Raja. Nah dibuat, diperkirakan dibuat di era Raja Sultan Agung," kata Fadli Zon saat dihubungi, Rabu (11/3/2020).

Untuk diketahui, Fadli merupakan Ketua Umum Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI). Fadli punya ribuan koleksi keris. Menurut Fadli, masih ada dua keris lagi yang masih berada di Belanda. Dua keris itulah yang berjenis Naga Siluman.

"Ada dua lagi keris, kemungkinan di sana. Itu dua duanya ber-daphur (rancang bangun) Naga Siluman dua-duanya," ujar Fadli.

Kendati demikian, Fadli mengatakan keris yang dikembalikan oleh pemerintah Belanda itu asli. Dia pernah melihat keris itu pada 2017.

"Yang saya lihat jelas itu asli ya, pasti. Itu saya tahun 2017 ke sana (Belanda) dan waktu dibukakan koleksi keris yang tidak dipamerkan di Museum Volkenkunde di Leiden, di situ saya melihat banyak keris. Termasuk keris Diponegoro tersebut," ungkap Fadli.

Selanjutnya
Halaman
1 2