Formula E di DKI Ditunda Gegara Corona, Bagaimana Reli-Karnaval Danau Toba?

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 12:28 WIB
Danau Toba
Danau Toba (Mercy Raya/detikSport)
Medan -

Pemprov DKI Jakarta menunda Formula E yang harusnya digelar pada Juni 2020 gara-gara virus Corona atau COVID-19. Lalu, bagaimana nasib reli hingga Karnaval Danau Toba 2020?

"Sampai sekarang masih on schedule. Saya kemarin baru bertemu timnya reli di April masih on schedule, reli Danau Toba juga masih on schedule, kemudian Karnaval Danau Toba on schedule," kata Kabid Bina Pemasaran Wisata Disbudpar Sumut, Muchlis, Rabu (11/3/2020).

Sebagai informasi, ada dua event reli yang bakal digelar di sekitar Danau Toba. Reli pertama berskala nasional digelar pada 17-19 April 2020 dan yang kedua merupakan seri Asia-Pasifik yang bakal digelar pada 26-27 Juli 2020.

Karnaval Danau Toba sendiri rencananya digelar pada 3-5 Juli 2020. Muchlis mengatakan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sudah membuat imbauan untuk pencegahan penyebaran virus Corona di Sumut.

"Sebelum Gubernur buat imbauan itu juga secara Dinas Pariwisata kita sudah buat surat edaran ke Dinas Pariwisata setempat untuk antisipasi penularan daripada virus Corona. Bapak Gubernur juga sudah membuat edaran," ucapnya.

Sebelumnya, penyelenggaraan Formula E di Monas resmi ditunda. Penundaan ini akibat penyebaran virus Corona.

Penundaan tersebut dituangkan melalui surat Nomor 117/-1.857.73 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix pada 9 Maret 2020. Anies meminta agar Formula E ditunda.

"Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di DKI Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," demikianlah bunyi surat tersebut seperti yang diterima detikcom, Rabu (11/3).

"Demikianlah pemberitahuan ini disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih," imbuhnya.

Anies mengatakan risiko terlalu besar jika gelaran internasional tersebut tetap digelar.

"Formula E kegiatan yang dihadiri wisatawan internasional. Risiko yang ada terlalu besar untuk warga Jakarta, bila wisatawan yang datang dari negara memiliki virus Corona," kata Anies dalam jumpa pers di Balai Kota DKI Jakarta.

Simak Video "Penjelasan Anies soal Penundaan Formula E Akibat Corona"

[Gambas:Video 20detik]

(haf/jbr)