Ketahuan! Ini Daftar Tahanan KPK yang Pakai HP di Dalam Sel

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 09:53 WIB
KPK akan segera memiliki gedung baru yang kini proses pembangunannya sudah masuk ke tahap akhir. Gedung KPK yang baru, sengaja dibangun dengan warna merah putih, sebagai simbol KPK milik Indonesia. Hasan Alhabshy
Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Terdakwa kasus dugaan suap dana hibah KONI, Imam Nahrawi, tertangkap basah menyimpan handphone di Rutan KPK. Mantan Menpora ini menambah panjang daftar tahanan KPK yang menyelundupkan telepon seluler ke sel.


Terbaru, Imam Nahrawi diduga mengunggah foto momen sedang menunaikan ibadah haji melalui aplikasi percakapan WhatsApp (WA) di tengah masa tahanan yang dijalani. Dalam foto itu, Nahrawi terlihat bersama istrinya, Shobibah Rohmah. Foto itu diduga diunggah oleh Imam Nahrawi di status WA. Sebab, pada ujung atas foto itu terlihat tertulis nama Imam Nahrawi. Belum diketahui kapan foto itu diunggah.


Menindaklanjuti temuan itu, petugas KPK mengecek sel Imam. Hasilnya, KPK menemukan handphone di sel Imam eks Menpora itu. "Atas informasi tersebut kemudian kami segera melaporkan kepada Karutan KPK untuk ditindaklanjuti. Dan kemudian hari Jumatnya petugas rutan melakukan melakukan sidak ke dalam rutan. Dalam rutan dan kemudian saat itu memang menemukan ada alat bukti elektronik berupa handphone yang sudah mati," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa 10 Maret 2020.

KPK lalu melakukan uji forensik untuk mengetahui isi telepon seluler itu. "Namun demikian, dari pihak Karutan sampai saat ini masih bekerja sama dengan divisi forensik di KPK untuk melihat isi HP yang saat ditemukan sudah dalam keadaan mati itu," ujar Ali.

Tonton juga video Hasto Diperiksa KPK Terkait Barang Bukti Elektronik:


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2