Round-Up

Siswi SMK Digerayangi Trauma, 5 Temannya Jadi Tersangka

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 07:57 WIB
Little girl suffering bullying raises her palm asking to stop the violence
Ilustrasi Foto: iStock
Jakarta -

Keterlaluan perilaku lima pelajar salah satu SMK di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara (Sulut). Mereka menggerayangi dan memegang organ intim salah satu teman perempuannya.

Dengan bangga mereka merekam perbuatannya dengan durasi 26 detik dan mengunggah di media sosial hingga viral pada Senin (9/3). Korbanpun trauma. Kini kelima pelajar itu berstatus tersangka.

""Iya (korban) trauma, dia kan nggak terima pastinya. (Pelaku) sudah ditetapkan tersangka lima-limanya," kata Kabid Humas Polda Sulawesi Utara (Sulut) Kombes Jules Abraham Abast kepada detikcom, Selasa (10/3/2020).

Baik pelaku maupun korban tadi pagi dijemput dari sekolah oleh personel Polsek Bolaang Mongondow. Polisi memeriksa mereka untuk tahu kronologi kejadian dan fakta yang sebenarnya.

Di hadapan penyidik, kelima pelajar mengaku hanya bercanda. Mereka melakukan atas dasar iseng sambil menunggu guru masuk ke kelas mereka.

"Bahwa kejadian di video tersebut dibuat sebagai bahan candaan atau iseng, tanpa maksud apapun sambil menunggu guru di kelas," ujar Jules menyampaikan keterangan para tersangka.

Penjelasan itu tentu tak dapat diterima. Pelaku yang meremas organ intim korban dijerat Pasal 82 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Sementara pelaku yang berperan memegangi korban dan merekam kejadian itu dikenakan Pasal 55 KUHP.

Meski demikian, polisi tak menahan kelima tersangka dengan pertimbangan mereka masih pelajar. Polisi hanya menetapkan wajib lapor.

Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3