Dubes Jepang Sayangkan Diskriminasi atas Warganya di RI Akibat Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 04:45 WIB
Dubes Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi (Zakia/detikcom)
Dubes Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi (Zakia/detikcom)
Jakarta -

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, menyayangkan perlakuan diskriminatif terhadap warganya di Indonesia akibat virus Corona. Ishii menyebut perlakuan itu juga diterima oleh anak-anak.

"Seperti yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Yang harus dikhawatirkan adalah berita-berita hoax dan reaksi berlebihan," ujar Ishii dalam video yang diunggah di akun Instagram-nya yang dilihat detikcom, Rabu (11/3/2020).



"Sehubungan dengan hal ini, saya sangat menyayangkan ketika mendengar warga negara Jepang, termasuk anak-anak, yang tinggal di Indonesia menerima perlakuan tidak menyenangkan dan diskriminasi terkait virus Corona," sambungnya.

Ishii juga menyampaikan rasa prihatin terhadap kasus Corona yang terjadi di Indonesia. Dia menegaskan WN Jepang yang tinggal di Indonesia bukanlah sumber penyebaran virus Corona.

"Kami telah menyampaikan rasa prihatin terhadap Indonesia dan terus akan menyampaikan hal ini. Warga negara Jepang yang menetap di Indonesia bukan merupakan sumber penyebaran virus, melainkan sahabat Indonesia," kata dia.


Ishii melanjutkan 6 WNI ABK Kapal Diamond Princess telah sembuh dari Corona. Dia mengaku gembira atas kabar baik tersebut.

"Namun di sisi lain, kami juga mendengar hal positif dan menggembirakan, dari 9 WNI yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess telah mendapatkan pengobatan medis di Jepang, 6 orang telah dapat pulih dan keluar dari rumah sakit. Kami juga merasa gembira sekali atas informasi ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ishii mengatakan Corona adalah musuh bersama. Dia mengajak masyarakat senantiasa bekerja sama dalam memerangi Corona.

"Isu Corona adalah masalah kita bersama, mari kita berupaya menghadapi hal ini. Gotong royong, kerja bersama, maju bersama," pungkasnya.

Jepang Akan Karantina Pendatang dari Korsel dan China!:

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)