Gempa M 4,9 Guncang Sukabumi, Ada Rumah di Pamijahan Bogor yang Rusak

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 19:19 WIB
Ilustrasi gempa di Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017) malam
Ilustrasi gempa (Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Gempa magnitudo (M) 4,9 berpusat di Sukabumi, Jawa Barat, dirasakan hingga Kabupaten Bogor. Akibatnya, ada rumah di Kabupaten Bogor yang mengalami kerusakan.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor Muhammad Adam Hamdani menyebut kerusakan rumah terjadi sekitar wilayah kaki Gunung Salak. Menurutnya, laporan yang masuk terkait rumah rusak ini berada di Kecamatan Pamijahan.

"Sementara rumah (rusak) di wilayah sekitaran kaki Gunung Salak. Sementara sih (laporan) yang baru masuk (rumah rusak ada di kecamatan) Pamijahan," kata Adam ketika dihubungi, Selasa (10/3/2020).

Namun, Adam belum mengetahui berapa rumah yang mengalami kerusakan. Kerusakan pun belum diketahui apakah rusak berat atau ringan saja.

"Karena yang sudah-sudah, pengalaman, kalau gempanya itu di Sukabumi, itu di sekitaran kaki Gunung Salak itu kena efeknya. Seperti Taman Sari, Ciomas, Leuwiliang, Nanggung, Cijeruk, Cigombong, Caringin, seperti gitu biasanya (alami kerusakan)," ungkap dia.

Dia mengatakan tim BPBD sedang menuju lokasi untuk melakukan evakuasi dan pendataan.

Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa terjadi hari ini, Selasa (10/3), pukul 17.18 WIB. Pusat gempa berada di 13 km arah timur laut Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 10 km.

Lokasi gempa ada di koordinat 6,89 derajat Lintang Selatan (LS) dan 106,62 derajat Bujur Timur (BT). Gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami.

(fas/fas)