Resmi Diinterpelasi DPRD, Gubernur Sumbar: Kami Hormati, Siap Beri Jawaban

Jeka Kampai - detikNews
Senin, 09 Mar 2020 18:44 WIB
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Mardi Rahmat/20 detik)

"Kami sebenarnya sudah menyiapkan segala sesuatu untuk interpelasi perjalanan luar negeri. Namun karena tidak jadi, kami pun tetap menghormatinya," kata Irwan.

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumbar secara resmi menyetujui penggunaan interpelasi. Dalam pemungutan suara, hanya Fraksi PKS yang menyatakan penolakan, sementara Enam Fraksi lainnya menyatakan setuju.

"Dengan ini, paripurna memutuskan untuk menyetujui penggunaan hak interpelasi terhadap Gubernur Sumatera Barat," kata Ketua DPRD Sumbar, Supardi sambil mengetuk palu, Senin (9/3).

Sidang paripurna dihadiri 56 dari 65 orang anggota dewan. Dalam pengambilan keputusan akhir, ada 46 anggota dewan yang menyatakan setuju untuk interprlasi, sementara 10 orang anggota Fraksi PKS menolak.

Interpelasi hanya berkaitan dengan urusan pengelolaan BUMD, sedangkan untuk perjalanan dinas luar negeri Gubernur tak disetujui parlemen. Enam fraksi yang setuju interperlasi tersebut adalah Fraksi Partai Gerindra, Demokrat, PAN, Golkar, PPP-Nasdem dan PDI-P-PKB.

Halaman

(jbr/jbr)