Dinilai Tak Maksimal Sosialisasikan Penanganan Corona, Ini Respons Menkominfo

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 07 Mar 2020 06:46 WIB
Johnny G Plate
Johnny G Plate (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate angkat bicara soal dirinya dinilai tak maksimal sosialisasikan penanganan virus Corona. Johnny mengatakan pusat informasi dan komunikasi medis berada di tangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

"Pusat informasi dan komunikasinya publik yang terkait masalah medis, sudah ditetapkan adalah Kementerian Kesehatan. Juru bicaranya adalah Pak Yuri," kata Johnny saat dihubungi, Jumat (6/3/2020) malam.

Sementara pusat informasi dan komunikasi non medis berada di Kantos Staf Presiden (KSP). Johnny mengatakan tim dari Kominfo sudah ditempatkan di KSP.

"Pusat informasi dan komunikasi publik yang non kesehatan, non medis, di Kantor KSP, sudah ada tim di KSP, itu koordinasi, lintas kementrian dan lembaga. Kominfo juga ada di sana," ujarnya.

"Jadi yang komentar, tidak tahu keputusan ini, asal ngomong saja. Kalau sudah ditempatkan di kantor KSP, jangan lagilah kami koodinasi lagi dengan kantor KSP," sambungnya.

Menurut Johnny, keputusan pusat informasi dan komunikasi di Kemenkes dan KSP sesuai dengan aturan. Dia mengatakan Kominfo berperan dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat soal penanganan virus Corona.

"Jadi itu ada aturannya, jangan seenak-enaknya saja, jangan. Tetapi Kominfo punya tugas untuk bersama-sama melakukan diseminasi informasi kepada masyarakat dan itu digunakan, dilakukan, bukan cuma ngomong," imbuhnya.

Sebelumnya, kinerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, serta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dianggap belum maksimal dalam menyosialisasikan penanganan virus Corona ke masyarakat. Dari ketiga menteri itu, Menkominfo dianggap yang paling tidak siap menghadapi penyebaran virus Corona.

"Yang tidak kalah penting lainnya adalah kesiapan menteri-menteri lainnya. Menteri Pendidikan, misalnya. Mana informasi kepada orang tua murid, kepada siswa, kepada guru tentang bagaimana menanggulangi Corona ini. Menteri Perhubungan untuk transportasi umum, bagaimana penanggulangannya," kata pengamat politik Hendri Satrio kepada wartawan, Jumat (6/3).

"Yang paling parah Menkominfo menurut saya. Infrastruktur komunikasinya paling lengkap, tapi tidak dilakukan. Saya belum pernah nonton tuh iklan sosialisasi penanggulangan Corona," imbuhnya

(rfs/isa)