Sudah Putuskan Dukungan Cawagub DKI, PDIP Pilih Nurmansjah atau Riza Patria?

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 07:20 WIB
Riza Patria dan Nurmansyah Lubis (Repro detikcom)
Foto: Riza Patria dan Nurmansjah Lubis (Repro detikcom)

Gembong mengatakan Wagub DKI nantinya harus mengisi kekosongan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurut dia, selama ini Pemprov DKI lemah dalam pelaksanaan.

"Selama ini kan soal eksekusi kan Jakarta relatif lemah. Jadi kita harapkan Wagub mampu mengisi kekosongan sehingga pelaksanaan di lapangan bisa segera dieksesi gubernur, saling mengisi lah," ujar dia.

Seperti diketahui, Panitia Pemilihan (Panlih) telah menyelesaikan jadwal pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta. Paripurna pemilihan akan dilaksanakan pada 23 Maret 2020.

"Panitia pemilihan Wagub DKI Jakarta telah berhasil menetapkan tahapan dan jadwal pemilihan Wagub. Intinya, pemilihan akan kita lakukan pada tanggal 23 Maret 2020," ucap Wakil Ketua Panlih Basri Baco kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (4/3).

Saat ini, Panlih akan melakukan verifikasi calon. Ada beberapa berkas yang harus dilengkapi oleh bakal calon wakil gubernur (Cawagub) untuk ditetapkan sebagai cawagub.

"Berkas itu sesuai aturan, masih belum ada di Panlih, tapi adanya di gubernur. Nanti, gubernur. Kan calon itu menyampaikan kepada gubernur, nanti gubernur yang akan menyampaikan kepada DPRD, dan DPRD akan memberikan kepada Panlih untuk kita teliti, kita verifikasi," kata Baco.

"Baru setelah itu ada wawancara dan penetapan. Setelah kita penetapan, sudah ready semua baru kita majukan kepada pemilihan," ucapnya.

Halaman

(knv/idh)