Cek Stadion Papua Bangkit, Bamsoet: Gaya Belanda-Rumput Italia

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 13:37 WIB
Bamsoet (Isal Mawardi/detikcom)
Foto: Bamsoet (Isal Mawardi/detikcom)
Sentani -

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengunjungi salah satu venue pergelaran PON XX, yakni Stadion Papua Bangkit, Sentani, Papua. Bamsoet mengaku terkesima dengan stadion yang dibangun dengan biaya Rp 1,3 triliun.

"Kesan pertama bahwa adalah pembangunan stadion dengan gaya etnik seperti yang ada di Belanda, Amsterdam, ini sungguh sangat luar biasa sangat indah, megah, apalagi rumputnya kita impor langsung dari Italia," kata Bamsoet di Stadion Papua Bangkit, Sentani, Papua, Selasa (3/3/2020).

Ia berharap adanya stadion berkapasitas 40 ribu penonton itu dapat mengangkat nama Papua hingga ke kancah international.

"Diharapkan bisa mengangkat nama Papua ke kancah internasional dan juga mendorong anak-anak muda Papua atlet-atlet Papua lebih semangat untuk menjadi juara, tidak hanya juara nasional tapi juga international," ujat Bamsoet.

Selain itu Bamsoet juga melihat-lihat venue tempat olahraga akuatik. Lokasinya masih satu ruang lingkup dengan Stadion Papua Bangkit. Ia mengaku terkesima dengan bangunannya.

"Tadi kita juga melihat stadion kolam renang akuatik juga tidak kalah dengan yang Jakarta miliki standar internasional jadi kita harapkan rakyat Papua menjadi semangat untuk menjadi atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga," katanya.

Pantauan detikcom, Bamsoet tiba pukul 14.45 WIT. Ia ditemani Wagub Papua, Klemen Tinal.

Bamsoet mengecek ruangan VIP stadion. Setelahnya, ia menuju tribun penonton. Bersama pejabat daerah setempat, Bamsoet nenyempatkan diri untuk berfoto bersama.

Simak Juga Video "Sosialisasikan PON Papua, Kapolda Metro Gelar Kampanye Antinarkoba!"

[Gambas:Video 20detik]

Melihat Lebih Dekat Stadion Papua Bangkit

Stadion Papua Bangkit menjadi salah satu venue penyelenggaraan PON XX di Papua. Lokasinya sekitar 10 Km dari Bandara Sentani.

Pantauan detikcom, tampak jalanan menuju Stadion Papua Bangkit, Sentani, Jayapura, Papua, tertata rapi. Beberapa tanaman tumbuh di sisi-sisi jalan.

Ruang parkir mobil juga telah rampung. Sejumlah pengeras suara dan lampu penerangan terpasang di sudut-sudut ruangan.

Memasuki area dalam stadion, tampak hamparan rumput hijau tertata rapi. Tiang gawang tanpa jaring juga telah terpasang di kedua sisi lapangan.

Area tempat berlari mengelilingi lapangan bola tersebut. Terlihat papan skor di tribun penonton. Tempat duduk penonton berupa single seat.

Stadion Papua Bangkit dilengkapi oleh sejumlah fasilitas, di antaranya ruang VIP, ruang wasit, ruang panitia pelaksana, media center, ruang konferensi pers, dan empat kamar ganti pemain. Selain itu, juga ada area pemanasan atlet, ruang ball boy, hingga ruang escort kid yang menemani pemain berjalan ke lapangan.

(isa/gbr)