Hendak Kirim Ribuan Masker ke New Zealand, 2 Mahasiswa Makassar Diamankan

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 13:24 WIB
Boks berisi masker yang diamankan di Makassar (Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom)
Foto: Dus berisi masker yang diamankan di Makassar (Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom)
Makassar -

Dua mahasiswa Makassar berinisial JA dan JO, diamankan polisi saat hendak mengirim paket berisi sekitar 10 ribu masker ke New Zealand. Keduanya diamankan di counter DHL, Hotel Horison, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar.

Hasil pemeriksaan sementara, JA mengaku akan mengirim paket berisi 200 boks yang isinya 50 masker per boks ke kenalannya, yang tinggal di New Zealand. JA mengaku mengumpulkan masker tersebut di sejumlah apotek di Makassar.

"Rencananya, setelah masker ini sampai baru akan ditransfer dananya sekitar Rp 60 juta," ujar JA yang ditemui di lobi hotel Horison, Selasa (3/3/2020).

Sementara menurut Kanit Polsek Ujung Pandang Iptu Edhi Gunawan, kedua mahasiswa PTS ini masih diambil keterangannya sekaligus berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai dan Pemkot Makassar, yang diwakili pihak Dinas Kesehatan dan Disperindag.

"Sementara kita tahan dulu barangnya, tidak boleh dikirim sambil menunggu hasil koordinasi pihak terkait, tapi secara moral tidak seharusnya dikirim, karena kita juga membutuhkan masker ini, untuk mencegah virus corona," ungkap Edhi.

Sebelumnya, Kapolrestabes Makassar Kombes Yudhiawan Wibisono dan Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb sempat mendatangi outlet DHL. Keduanya meminta pihak terkait untuk berkoordinasi terkait upaya pengiriman masker ke luar negeri ini.

Simak Video "Denny Cagur Sayangkan Mahalnya Harga Masker"

[Gambas:Video 20detik]

(mna/gbr)