Polres Jakbar Tangkap Pengedar 14 Kg Ganja Sintetis yang Dijual di Medsos

Lukman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 13:20 WIB
Polres Jakbar menangkap pengedar ganja sintetis
Foto: Polres Jakbar menangkap pengedar ganja sintetis (Arun/detikcom)
Jakarta -

Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat menangkap sindikat pengedar narkoba jenis ganja sintetis. Dari 5 orang tersangka yang ditangkap, polisi menyita 14 Kg ganja sintetis atau gorilla.

"Pada 16 Februari kita sudah mengamankan 5 tersangka terkait dengan kasus tembakau sintesis atau yang dikenal dengan istilah tembakau gorilla. Kita mengamankan sekitar 14 Kg tembakau gorilla tersebut dengan mengamankan 5 orang tersangka," kata Kapolres Jakbar Kombes Audie S Latuheru kepada wartawan di Polres Jakbar, Jl S Parman, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (3/3/2020).

Audie menjelaskan, awalnya pihaknya menangkap seorang pengguna narkoba. Dari situ, polisi kemudian mengembangkan kasus itu dan akhirnya membongkar home industry tembakau gorilla di Bandung.

"Dari 14 kg tembakau gorila tersebut terdiri dari 2 paket besar tembakau sintesis dengan berat 295 gram, kemudian 14 plastik sedang tembakau gorila dengan berat 5 Kg. 1 Boks tembakau dengan berat 2,5 kg, dan 6 bungkus lagi tembakau gorila ini 3,4 Kg, kemudian 13 bungkus bahan kimia," tuturnya.

Audie menjelaskan, tembakau gorilla adalah tembakau yang dicampur dengan bahan kimia tertentu. "Atau yang disebut kanabinoid, dicampur juga dengan metanol. Direndam tembakaunya itu dan dikeringkan. Efeknya itu bisa 3-10 kali ganja, kenapa 3-10 tergantung kandungan kimianya. Jadi karena itu racikan sehingga bisa berbeda efeknya tergantung berapa banyak si pembuat mencampur racikannya. Jadi 13 bungkus plastik bahan kimianya dan tembakau biasa," paparnya.

Simak Juga Video "Bak Film Eksyen, BNN Kejar Sindikat di Sumatera Utara"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2