Penampakan Hujan Abu Tipis di UNS Solo Akibat Erupsi Gunung Merapi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 12:42 WIB
Penampakan abu erupsi Gunung Merapi di UNS, Selasa (3/3/2020)
Foto: Penampakan abu erupsi Gunung Merapi di UNS, Selasa (3/3/2020)- Bayu/detikcom
Solo -

Intensitas hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi di Solo sudah menurun hingga siang ini. Seperti di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo terlihat abu masih turun meskipun tipis.

Pantauan detikcom, Selasa (3/3/2020), di area parkiran UNS terlihat sejumlah sepeda motor di parkiran dihinggapi abu yang turun sejak pagi. Begitu juga mobil-mobil, terutama yang berwarna hitam, terlihat berlapis abu.

Sementara itu, aktivitas mahasiswa dan pegawai UNS, masih berlangsung seperti biasa. Terlihat para mahasiswa dan pegawai masih berlalu lalang di jalan area kampus.

Kebanyakan pesepeda motor dan pejalan kaki mengenakan masker. Meskipun, ada beberapa orang yang terlihat sama sekali tidak mengenakan masker atau pelindung lainnya.

Hujan Abu Tipis di UNS Solo Akibat Erupsi MerapiFoto: Penampakan abu erupsi Gunung Merapi di UNS, Selasa (3/3/2020)- Bayu/detikcom

Seperti diketahui, Gunung Merapi erupsi sekitar pukul 05.22 WIB. Abu vulkanis pun terbawa hingga ke arah timur, seperti Boyolali, Klaten, Solo dan Sukoharjo.

Sejak pukul 07.00 WIB, hujan abu sudah terjadi di kawasan Boyolali kota. Abu semakin mengarah ke timur hingga masuk ke Kabupaten Sukoharjo sekitar pukul 07.50 WIB.

Hujan abu kemudian terasa sampai di Kota Solo sekitar pukul 08.40 WIB. Sekitar pukul 12.00 WIB hujan abu di Solo sudah berhenti.

Tonton juga Gunung Merapi 'Muntah', Abu dan Pasir Hujani Lereng Boyolali :

[Gambas:Video 20detik]

(bai/ams)