Kekagetan KBRI Saudi Dengar Jamaah Umrah RI Tiga Hari Panas Tinggi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 07:13 WIB
Dubes Maftuh Abegerbriel bertemu Raja Salman di Istana Yamamah, Desember 2019
Foto: Dubes Maftuh Abegerbriel bertemu Raja Salman di Istana Yamamah, Desember 2019 (KBRI Saudi)
Jakarta -

Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, bercerita dirinya mendapatkan pesan WhatsApp pada Senin (2/3) pukul 20.00 malam waktu setempat. Pesan itu berisikan seorang jamaah umroh asal Indonesia yang mengalami demam tinggi selama tiga hari tanpa ada tanda-tanda penurunan suhu.

Pesan WA tersebut dikirim dari teman satu almamater sang Dubes ketika kuliah di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bernama, Muiz Ali. Dalam pesan tersebut juga disampaikan bahwa perlu penanganan segera karena keadaan sudah darurat.

Dubes Maftuf saat itu sedang memantau kepulangan jamaah umroh di Bandara Madinah langsung menelepon para petugas yang tersebar di semua titik-titik rawan. Dia ingin memastikan kabar tersebut dan memberikan pertolongan ke RS terdekat.



Kabar demam tinggi yang dialami Jemaah umroh asal Kuningan ini diterima Dubes Maftuh selang beberapa menit setelah pemerintah kerajaan Arab Saudi mengumumkan kasus virus corona pertama yang menimpa warga negara Saudi yang baru saja dari luar negeri.

Kondisi ini membuat para petugas di kantor urusan haji Jeddah kaget karena waktunya hampir bersamaan dengan pengumuman masuknya virus corona dari arah wilayah timur Arab Saudi. Tepatnya border yang berada di tengah-tengah jembatan 25 km di atas laut antara Saudi dan Bahrain.

Selanjutnya
Halaman
1 2