Ridwan Kamil: Jangan Panik Beli Masker-Sembako, Supply Demand Kita Aman

Rahel Narda C - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 21:23 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Rahel Narda/detikcom)
Foto: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Rahel Narda/detikcom)
Depok -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengimbau warga agar tidak menyikapi dua warga negara Indonesia (WNI) positif virus Corona dengan panik membeli masker hingga sembako. Menurutnya masker hanya efektif untuk orang yang sakit.

"Jangan panik membeli masker, ini sudah ramai di mana-mana. Merujuk ke Menkes, masker itu untuk orang sakit jangan sampe yang sakit butuh ternyata habis oleh orang sehat yang sebenernya tidak membutuhkan masker. Saya imbau warga Depok untuk tetap tenang dan memberikan kesempatan kepada yang membutuhkan," kata Ridwan di Balai Kota Depok, Jalan Margonda Raya, Depok (2/3/2020).

Ridwan juga memberikan 10.000 masker siap pakai kepada Pemerintah Kota Depok. Nantinya, masker tersebut akan disimpan di pusat-pusat kesehatan seperti klinik dan rumah sakit.

"Karena itulah kami tadi membawa 10.000 masker kami titipkan ke Pak Wali Kota (Depok) untuk disimpan di titik pusat kesehatan, klinik rumah sakit, jaga-jaga kalau yang di lapangan butuh kita bisa bantu," ujar Ridwan.

Lebih lanjut Ridwan mengatakan sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) apabila menemukan indikasi penimbunan masker oleh oknum-oknum tertentu. Dia ingin pihak yang menimbun masker demi keuntungan untuk ditindak.

"Tadi saya sudah sampaikan kalau ada penimbunan-penimbunan yang profit motifnya itu tolong ditindak ya mengorbankan kepentingan masyarakat," tutur Ridwan.

Selain itu Ridwan pun meminta warga untuk tidak panik sehingga membeli sembako yang berlebihan. Menurutnya, supply dan demand di Indonesia saat ini masih cenderung aman.

"Imbauan terakhir jangan panik juga membeli sembako yang tidak perlu, supply dan demand kita aman-aman saja. Supply dan demand sembako kita normal-normal saja ya," ujar Ridwan.

Dia juga mengimbau agar masyarakat menjaga kesehatan. Menurutnya, semakin sehat seseorang semakin imun terhadap virus Corona.

"Ada imbauan untuk masyarakat, jagalah kesehatan. Makin fit makin bugar, makin mudah virus itu dilawan," ujar Ridwan.

Diberitakan sebelumnya, dua warga Depok terjangkit virus Corona. Warga DKI Jakarta pun menyerbu salah satu pusat perbelanjaan di kawasan SCBD untuk membeli kebutuhan pokok.

Pantauan detikcom di Grand Lucky, SCBD, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (2/3), pukul 17.30 WIB, terlihat antrean panjang mengular di depan kasir. Warga tampak membawa troli dengan penuh barang belanjaan.

(jbr/idn)