Catat! Ini 5 RS Siaga Virus Corona di Sumut

Ahmad Arfah - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 21:01 WIB
Foto untuk Picture Story
Ilustrasi Penanganan Virus Corona (Dok. detikcom)
Medan -

Dua warga Depok, Jawa Barat, dinyatakan positif virus Corona. Pemprov Sumatera Utara (Sumut) pun mengatakan sudah menyiapkan sejumlah rumah sakit sebagai rujukan jika ada warga yang terindikasi Corona.

"Rumah sakit rujukan kita RSUP H Adam Malik. Ditopang oleh RS Haji, RS USU, RS Bhayangkara, RSUD Lubuk Pakam," ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit, Senin (2/3/2020).

Alwi mengatakan Pemprov Sumut akan memperketat pengawasan pintu masuk Sumut. Pengawasan bakal dilakukan di pintu masuk jalur laut, udara, dan darat.

"Secara umum, kita bekerja sesuai juknis (petunjuk teknis) dari kementerian kesehatan. Pengawasan, tetap ketat. Hanya perlu tambahan untuk jalan masuk, di luar bandara dan pelabuhan," jelas Alwi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dua orang warga negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus Corona (COVID-19). Saat ini kedua korban, ibu dan anak, ini ditangani di RS Sulianti Saroso.

Dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia. WN Jepang itu diketahui positif virus Corona saat tiba di Malaysia.

"Ternyata orang (WN Jepang) yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Negara.

(haf/jbr)