ADVERTISEMENT

Jurus Jepang dan Singapura Mengatasi Virus Corona

pal - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 19:47 WIB
Kasus virus corona di China dan negara lain terus bertambah. Walaupun begitu, sebanyak 10.844 pasien virus corona di China daratan telah berhasil sembuh.
Foto: AP Photo

1. Jepang

Menurut peta persebaran virus corona COVID-19, Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Jepang jadi negara terbanyak kelima di dunia yang warganya positif terinfeksi. Menurut data tersebut sampai hari ini, terkonfirmasi sebesar 256 kasus. Sebanyak 32 kasus dinyatakan bisa disembuhkan. Sementara 6 lainnya sembuh.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe hari Sabtu (29/2/2020) lalu secara khusus menggelar taklimat media terkait virus corona. Dalam kesempatan itu, Abe menyatakan Jepang belum separah tetangganya China dan Korea Selatan.

"Namun setiap hari jumlah pasien positif COVID-19 juga bertambah setiap hari," ujar Abe. " Meski demikian, para ahli berpendapat bahwa kecepatan penyebaran COVID-19 di Jepang masih dalam tahap yang bisa terkontrol."

Paling penting menurut Abe yakni mencegah penularan virus. Abe mengimbau semua acara yang melibatkan orang banyak berkumpul, diharapkan untuk dibatalkan, ditunda, atau dikecilkan skalanya untuk mencegah penularan massal.

"Sudah ada kasus terjadi penularan dari sport gym dan makan bersama dengan buffet style. Dimohon untuk menghindari berkumpul di tempat dengan sirkulasi udara buruk dan juga tempat yang padat orang dengan kemungkinan bersentuhan tinggi."



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT