Virus Corona Masuk Indonesia, Ini Empat Pesan Ustaz Abdul Somad

Rosmha Widiyani - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 14:13 WIB
Ustaz Abdul Somad (Muhammad Ilman Nafian/detikcom)
4 Pesan Ustaz Abdul Somad Terkait Virus Corona Masuk Indonesia (Muhammad Ilman Nafi'an/detikcom)
Jakarta -

Dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) positif terinfeksi virus Corona. Presiden Jokowi mengatakan, keduanya sempat berinteraksi dengan warga Jepang yang positif Corona.

Terkait hal ini, Ustaz Abdul Somad atau UAS menyampaikan empat pesan. "Setiap obat pasti ada sakitnya karena itu jangan menyerah. Mencari pengobatan adalah ibadah. Selain itu jangan putus asa, kadang penyakit nggak sehebat yang dikatakan orang," ujar UAS usai peluncuran buku 'A Note from Cairo' di Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Senin (2/3/2020).

Terkait pesan tidak putus asa, UAS menambahkan jangan terlalu banyak takut menghadapi penyakit. Pesan berikutnya adalah memiliki sudut pandang yang berbeda terkait kematian.

"Jika mati ya memang karena ajal, bukan penyakitnya. Berapa orang divonis mati tapi nggak mati-mati. Kalau memang mati ya karena ajalnya sudah sampai," kata Ustaz Abdul Somad.

Pesan keempat dalam menghadapi virus Corona adalah supaya masyarakat banyak melakukan amal ibadah. Dengan mengingat mati, amal ibadah bisa meningkat, yang insyaallah bisa menenangkan hati.

Ibadah sekaligus menghindarkan manusia dari sikap sombong, karena merasa menguasai ilmu dan teknologi. Soal melakukan ibadah, bagi yang muslim tentunya dengan sesuai tata cara Islam. Sementara umat agama dan kepercayaan lain bisa melakukan ibadah sesuai ajarannya.

Dengan usaha dan ibadah, masyarakat diharapkan tidak terlalu takut dan panik menghadapi virus Corona. Ibadah yang sungguh-sungguh insyaallah akan melindungi seluruh bangsa Indonesia.

Simak Juga Video "2 WNI Positif Corona, Netizen: Stay Safe Everyone"

[Gambas:Video 20detik]

(row/erd)