Belum Terima Laporan dari DKI, Istana Ikut Pantau 115 Orang Terkait Corona

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 09:09 WIB
WNI ABK Diamond Princess yang dikarantina di Jepang terkait corona dievakuasi. Mereka akan dipulangkan ke tanah air dan diobservasi di Pulau Sebaru Kecil.
Ilustrasi (Foto: Antara Foto/KBRI TOKYO)
Jakarta -

Pihak Istana mengaku belum menerima laporan terkait adanya 115 orang di DKI Jakarta yang dipantau terkait virus Corona. Namun, Istana menegaskan tetap akan ikut memantau perkembangan 115 orang di DKI tersebut.

"Jadi kalau statement-nya Pak Anies Baswedan itu saya juga baru tahu dari media, bahwa ada pasien yang diduga Corona gitu," kata Tenaga Ahli Utama Kepresidenan KSP Dany Amrul Ichdan saat dihubungi, Senin (2/3/2020).

Namun, Dany meyakini sudah ada koordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta terkait pemantauan ini. Ia menegaskan orang-orang yang dipantau itu masih negatif virus Corona.

"Ya tapi mereka berkoordinasi nggak dengan Kemenkes? Kalau yang saya tangkap, mereka sudah berkoordinasi dengan Dinkes DKI untuk melihat lebih jauh tentang potensi-potensi kalau terjadi Corona. Tapi penanganan pasiennya memang ditangani sebagaimana suspect corona. Tapi kan sementara ini belum ditemukan, sementara ini negatif. Jadi jangan... bukan berarti itu pasien Corona, masih dalam pemantauan," ujar Dany.

Dany memastikan KSP sebagai pusat koordinasi terkait Corona di Indonesia akan tetap memantau perkembangan 115 orang yang dalam status pemantauan di DKI Jakarta. Menurutnya, KSP akan transparan memberikan semua informasi kepada masyarakat.

"Bahwa KSP ikut memantau perkembangan yang ada di Pemprov DKI, sambil kita melakukan koordinasi antar lembaga/kementerian, untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk yang ada," tutur Dany.

"Tapi sekali lagi, jangan khawatir, ini baru sifatnya penanganan pasien yang diduga (Corona), belum positif. Tapi umpamanya worst case-nya, kita harapkan enggak, kita berdoa nggak terjadi. Seandainya pun ada, ya kita akan transparan sampaikan ke masyarakat untuk kita bisa mengantisipasi," imbuhnya.

Tonton juga Anies Soal Virus Corona: 115 Orang di Jakarta Dalam Pemantauan :

Selanjutnya
Halaman
1 2