Konflik di India Memanas, Komisi I Minta Kemlu-Dubes Bahas Pemulangan WNI

Yogi ernes - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 22:14 WIB
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafidz
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafidz (Yogi Ernes/detikcom)

Sementara itu, Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri Sukamta meminta pemerintah Indonesia harus mengambil tindakan atas peristiwa di India itu. Ia mengingatkan status Indonesia sebagai Dewan Keamanan PBB.

"Negara Indonesia sebagai negara maju yang menjunjung tinggi HAM serta memiliki sikap bebas aktif dalam hubungan antarnegara harus mengambil langkah-langkah strategis dalam permasalahan dunia, salah satunya permasalahan kemanusiaan di India," tutur Sukamta.

Kondisi sosial di India memanas dalam beberapa hari terakhir. Kasus kekerasan mengatasnamakan agama menjadi hal sering terjadi di India saat ini. Beberapa pejabat mulai angkat bicara terkait hal itu.

Menteri Agama Fachrul Razi prihatin dan mengecam peristiwa kekerasan di India yang mengatasnamakan agama. Dia mengimbau umat beragama di India tidak merusak nilai kemanusiaan atas nama agama. Sebab, tak ada agama yang membenarkan tindakan kekerasan.

"Tidak ada ajaran agama mana pun yang membenarkan tindakan kekerasan, apa pun motifnya. Memuliakan nilai kemanusiaan adalah esensi ajaran semua agama," kata Menag Fachrul seperti dilansir dari laman Kementerian Agama pada Jumat (28/2).

Halaman

(idn/idn)