Polusi Udara di Cilegon Disorot Leonardo DiCaprio, Bagaimana Kondisinya?

M Iqbal - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 17:05 WIB
PLTU Suralaya di Cilegon, Banten (M Iqbal/detikcom)
PLTU Suralaya di Cilegon, Banten (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Aktor Leonardo DiCaprio mem-posting sebuah foto berlatar belakang Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya, Cilegon, Banten. Foto itu kemudian dibumbui penjelasan soal polusi udara yang disebabkan oleh pembakaran energi fosil. Sebenarnya bagaimana kondisi udara di Cilegon?

Pembangkit listrik berbahan bakar batu bara tersebut berada di Kecamatan Pulomerak, letaknya berada di pesisir Cilegon. Tak jauh dari lokasi pembangkit, ratusan warga Suralaya bermukim di sekitar lokasi.

Pertumbuhan pabrik-pabrik petrokimia tumbuh pesat di Cilegon. Industri petrokimia dan pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar energi fosil berdampak pada penurunan kualitas udara. Sisi positifnya, berdirinya pabrik-pabrik itu membuka kesempatan kerja dan peningkatan ekonomi bagi daerah. Namun kualitas udara menjadi pertaruhan akibat emisi gas buang dari industri dan kendaraan.

Laporan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon pada 2019 menyebutkan pertumbuhan industri dan kendaraan bermotor mengakibatkan menurunnya kualitas udara dari tahun ke tahun.

"Polusi udara yang berasal dari emisi gas buang kendaraan serta industri menjadi penyebab utama menurunnya kualitas udara Kota Cilegon," tulis laporan DLH dalam Dokumen Informasi Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Kota Cilegon Tahun 2019 seperti dikutip detikcom, Jumat (28/2/2020).

Pengembangan kawasan industri berdasarkan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Cilegon No 3 Tahun 2011 menyebut dua kecamatan menjadi pusat pengembangan kawasan industri, yakni Pulomerak dan Ciwandan.

"Adanya rencana pengembangan industri menjadi salah satu pemicu akan terjadi penurunan kualitas udara di Kota Cilegon. Hal tersebut diakibatkan oleh sisa/limbah aktivitas industrinya sendiri maupun emisi dari bangkitan lalu lintas yang terjadi pada sekitar wilayah industri nantinya," papar dokumen tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2