Jokowi Klaim Google hingga Microsoft Mau Bangun Pusat Data di Indonesia

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 14:50 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat soal pusat data nasional
Presiden Jokowi (Foto: Andhika/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin adanya pembangunan pusat data di Indonesia. Sebab, banyak perusahaan perintis atau startup yang disebutnya memiliki pusat data di luar negeri.

"Kita tahu saat ini banyak startup kita dalam beberapa tahun terakhir tumbuh pesat masih menggunakan data center di luar negeri. Padahal kalau ada data center di Indonesia akan banyak manfaatnya. Lebih cepat lebih aman dan membantu untuk troubleshooting," kata Jokowi dalam rapat terbatas pengembangan Pusat Data di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2020).

Presiden Jokowi memimpin ratasPresiden Jokowi memimpin ratas Foto: Andhika/detikcom

Padahal, sebutnya, ada banyak manfaat jika pusat data dibangun di Indonesia. Nah, Jokowi mengklaim pemain besar seperti Google, Microsoft, Amazon, maupun Alibaba tertarik membangun pusat data di Indonesia.

"Dan saya melihat banyak pemain global seperti Microsoft, Amazon, Google, Alibaba sangat tertarik masuk dan bahkan sudah mulai mengembangkan data center di Indonesia karena melihat negara kita memiliki daya tarik, memiliki potensi besar dan kita punya ekosistem startup paling aktif di Asia Tenggara dengan market digital terbesar. Karena itu saya selalu menekankan kita jangan hanya jadi penonton," paparnya.

Simak Video "Dihajar Corona, Saham Microsoft Bonyok"

[Gambas:Video 20detik]



selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2