Gubernur Riau Ambil Formulir Kandidat Ketua DPD Golkar

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 22:23 WIB
Ilustrasi Bendera Golkar/Antarafoto
Foto Ilustrasi Bendera Golkar (Antara Foto)
Jakarta -

DPD Partai Golkar Riau membuka pendaftaran bakal calon (bacalon) Ketua DPD. Gubernur Riau Syamsuar jadi tokoh pertama yang mengambil formulir pendaftaran itu.

"Perdana yang mengambil formulir sebagai bakal calon Pak Syamsuar di DPD Golkar Riau," kata Ketua Penjaringan Bacalon Ketua DPD Golkar Riau Aprizon kepada detikcom, Kamis (27/2/2020).

Syamsuar tak mengambil langsung formulir pendaftaran itu. Aprizon mengatakan Syamsuar diwakili staf khususnya untuk mengambil formulir.

"Yang mengambil formulir tadi atas nama Ulil Amri. Dia yang mewakili tadi untuk mengambilnya. Tadi hanya bincang-bincang, paling 10 menit saja," kata Aprizon.

Seperti diketahui, Syamsuar dalam Pilgub Riau 2019 tidak mendapatkan dukungan dari Golkar. Dia pernah menjabat Ketua DPD Golkar Kabupaten Siak.

Namun dia dikeluarkan karena mencalonkan diri sebagai Gubernur Riau. Sebab, saat itu Golkar memilih Arsyadjuliandi (Andi) Rachman, yang ketika itu menjabat Gubernur Riau.

Syamsuar kala itu mendapat dukungan politik dari PAN. Jadi, dalam pertarungan tersebut, Syamsuar menggunakan perahu politik PAN. Syamsuar pun menerima kartu keanggotaan dari partai politik berlambang matahari terbit itu. Syamsuar menang dari 3 pasangan kandidat lainnya. Sedangkan jago Golkar, Andi Racham, kalah.

(cha/rfs)