Terkait Corona, Menhub Tak Tutup Penerbangan ke Negara Selain China

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 20:40 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Menhub Budi Karya Sumadi (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia telah melakukan penutupan sementara penerbangan dari dan ke China karena wabah virus Corona. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan saat ini pemerintah tidak akan menutup penerbangan ke negara lain.

"Jadi kita baru mem-banned China ya. Memang ada diskusi tentang negara-negara lain, tapi kita tidak akan melakukan itu," kata Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020).



Dia mengatakan rekomendasi pelarangan kunjungan terkait virus Corona tersebut merupakan ranah dari Kementerian Kesehatan. Menurut Budi, pelarangan penerbangan dari dan ke Indonesia mengacu pada World Health Organization (WHO).

"Ya ini domainnya dari Kementerian Kesehatan. Kemenkes itu mengacu kepada rekomendasi WHO," kata Budi.



Kemenhub terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait jalur udara antarnegara. Untuk saat ini, pemerintah fokus melindungi warga negara Indonesia yang berada di luar RI.

"Tadi juga kami diskusi dengan Bu Menlu tentang kemungkinan-kemungkinan itu. Ini jam ke jam banyak perkembangan ya. Tadi malam saya juga dari jam 12 malam. Pagi juga diskusi tentang pemulangan dan sebagainya. Dari pemerintah berusaha untuk melindungi warga negara Republik Indonesia yang saat ini masih di luar," tutur Budi.

(idn/idn)