Cegah Dampak Virus Corona, Komunitas Muslim Singapura Kumpulkan Dana

Rosmha Widiyani - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 18:33 WIB
satu keluarga terserang virus corona setelah makan hot pot dan bbq bareng
Cegah Dampak Virus Corona, Komunitas Muslim Singapura Kumpulkan Dana (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Komunitas muslim Singapura mengumpulkan dana untuk pekerja yang menangani virus Corona. Dikutip dari The Straits Times, kegiatan pengumpulan dana dilakukan Rahmatan Lil Alamin Foundation (RLAF) bekerja sama dengan masjid di Singapura.

"Kami berharap usaha ini bisa meringankan beban mereka yang bekerja menghadapi virus Corona. Bersama kegiatan yang lain, kami ingin ada dampak yang lebih baik untuk seluruh keluarga besar warga Singapura," kata Direktur Eksekutif RLAF Zainul Abidin Ibrahim.

RLAF adalah lembaga kemanusiaan yang dibentuk Islamic Religious Council of Singapore (Muis). Pengumpulan dana lewat RLAF yang disalurkan pada Courage Fund dimulai pada Rabu (26/2/2020). Sebanyak 70 masjid sepakat menyalurkan dana yang terkumpul melalui RLAF.

Selain lewat masjid, pengumpulan dana juga dilakukan secara online. Pengumpulan dana akan ditutup pada (5/3/2020) sebelum disalurkan pada Courage Fund. Bantuan dana diperuntukkan bagi pekerja yang terkena dampak langsung serangan virus Corona. Atau yang berisiko terkena infeksi virus Corona akibat kontak dengan orang lain.

Pekerja di bidang tersebut adalah di bidang kesehatan, transportasi, perhotelan, dan pariwisata. Bantuan bisa diberikan melalui Courage Fund lewat RLAF dalam bentuk cash atau cek untuk kegiatan penanganan virus Corona.

Seluruh dana yang terkumpul dalam bentuk cash dan cek akan dikumpulkan di kantor RLAF lebih dulu, sebelum disalurkan pada Courage Fund. Lembaga Courage Fund dibentuk saat wabah SARS melanda Singapura pada 2003. Sama seperti sebelumnya, lembaga ini membantu pekerja yang berhadapan dengan virus Corona.

Selain di Singapura, komunitas muslim di China beraksi menghadapi virus Corona. Bersama komunitas religius lain, kelompok ini memberikan bantuan dalam bentuk material dan non material. Misal berbagai aksi kemanusiaan atau kegiatan ibadah, yang bertujuan memberi dampak positif upaya mengantisipasi virus Corona.

Dikutip dari New York Times, bantuan dana dari kelompok religius tersebut ada kemungkinan mencapai USD 30 juta. Bantuan tersebut untuk membeli masker serta peralatan lain untuk penanganan virus Corona. Termasuk bahan makanan dan perlengkapan habis pakai lainnya.

Tonton juga Figur Publik Korsel Sumbangkan Dana Susul Siaga Satu Virus Corona:

[Gambas:Video 20detik]

(row/row)