Cegah Corona, Salat Jumat di Masjid Indonesia Tokyo Ditiadakan Sementara

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 18:29 WIB
Gedung KBRI Tokyo
Gedung KBRI Tokyo (Foto: dok. KBRI Tokyo)
Jakarta -

Masjid Indonesia Tokyo (MIT) tidak menyelenggarakan ibadah salat Jumat besok. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

Informasi tersebut disampaikan melalui surat edaran KBRI Tokyo dengan nomor 098/ADMIN/II/2020. Surat itu juga ditandatangani oleh Kepala Kanselerai, KBRI Tokyo, Andi Ardiansyah.

Dalam surat itu, diinformasikan bahwa salat Jumat ditiadakan mulai Jumat (28/2). KBRI Tokyo menyatakan keputusan itu diambil atas beberapa pertimbangan.

"Sesuai imbauan Pemerintah Jepang terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona di Jepang dan memperhatikan konsultasi KBRI Tokyo dengan KMII (Keluarga Masyarakat Islam Indonesia)-Jepang," demikian bunyi surat edaran yang diunggah di akun Twitter resmi KBRI Tokyo, @KBRITokyo seperti dilihat, Kamis (27/2/2020).

"Bersama ini dengan hormat disampaikan bahwa Masjid Indonesia Tokyo (MIT) tidak menyelenggarakan kegiatan Salat Jumat mulai tanggal 28 Februari 2020 hingga terdapat pemberitahuan lebih lanjut," imbuhnya.

KBRI Tokyo meminta agar masyarakat memaklumi imbauan tersebut.

"Demikian surat edaran ini dibuat agar menjadi maklum. Atas perhatian, pengertian dan kerja samanya diucapkan terima kasih," katanya.

(lir/idn)