Cara Mengurus Visa Umroh: Syarat, Biaya, dan Lamanya

Rosmha Widiyani - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 17:50 WIB
Visa
Foto: iStock/Cara Mengurus Visa Umroh: Syarat, Biaya, dan Lamanya
Jakarta -

Cara mengurus visa umroh bisa jadi hal yang mudah namun jadi terasa sulit bagi sebagian jamaah. Apalagi jika tidak tahu syarat, biaya, dan lama mengurus visa yang menjadi syarat masuk Arab Saudi sebelum umroh.

Bagi jamaah tersedia beberapa alternatif mengurus visa umroh sebelum pergi ke Tanah Suci. Alternatif ini adalah mengurus sendiri, diserahkan pada travel agent, dan mempercayakan pada provider jasa visa umroh.

Terlepas dari cara yang dipilih, jamaah tetap harus mengetahui syarat visa umroh 2020. Berikut persyaratan visa umroh 2020 dikutip dari situs Kemenag, supaya jamaah bisa beribadah dengan tenang.

A. Syarat visa umroh 2019

1. Paspor asli yang masih belaku minimal 6 bulan dengan nama minimal 3 kata. Bila hanya dua kata bisa ditambahkan bin atau binti

2. KK atau Kartu Keluarga dan Buku Nikah Asli bagi suami istri

3. Akte Lahir bagi anak di bawah usia 17 tahun

4. Pas foto terbaru dengan latar putih dengan tampak wajah 80 persen. Foto disediakan sebanyak 8 lembar berukuran 4 x 6

5. Kartu kuning yang menandakan telah menerima vaksin meningitis. Vaksin mencegah jamaah terinfeksi meningitis atau radang selaput otak dari jamaah lain di seluruh dunia

6. Jamaah Wanita yang berusia kurang dari 45 tahun wajib didampingi suami atau mahramnya. Apabila tidak didampingi, wajib melengkapi diri dengan surat mahram

7. Untuk jamaah wanita yang berusia lebih dari 45 tahun tidak wajib didampingi suami atau mahramnya, cukup menyertakan KTP asli

8. Untuk jamaah yang mempercayakan pengurusan visa pada biro travel, dokumen biasanya diterima paling lambat 30 Hari sebelum keberangkatan.

B. Bagaimana mengurus visa umroh?

Cara mengurus visa umroh bisa dilihat di skema berikut,

1. Jamaah umroh bisa daftar melalui perantara biro haji dan umrah sebagai provider dan menyerahkan syarat visa umroh

2. Selanjutnya, provider visa umroh manifes data jamaah kepada muasasah. Yang disebut muasasah adalah penyelenggara umroh di Saudi sesuai penunjukan kementrian haji untuk menerbitkan MOFA

3. Muasasah kemudian mengeluarkan MOFA untuk jamaah umroh melalui provider visa. Ministry of Foreign Affairs atau MOFA adalah konfirmasi dari kementrian haji Saudi untuk jamaah umroh berdasarkan kuota. Setiap Jamaah harus punya MOFA sebelum mengajukan visa ke Saudi.

4. Provider selanjutnya mengajukan permohonan visa pada kedutaan Saudi, dengan menyertakan syarat dan MOFA jamaah umroh. Kedutaan akan menerima, memeriksa, dan menerbitkan visa untuk jamaah umroh.

Catatan:

1. Permohonan visa biasanya tidak ditolak kecuali pernah melakukan tindak kriminal

2. Visa umroh hanya berlaku di Makkah, Madinah dan Jeddah

3. Visa umroh hanya berlaku untuk sekali kedatangan

4. Pemerintah Saudi menetapkan visa umroh berlaku selama 10, 20, dan 30 hari. Pemegang visa harus segera keluar Saudi sebelum masa berlaku habis.

C. Berapa lama pengurusan visa umroh dan biayanya?

Pengurusan hingga keluarnya visa umroh idealnya hanya perlu 2-3 hari. Namun disarankan menyediakan waktu minimal satu minggu untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, misal terhalang waktu libur di kedutaan Saudi.

Harga dan biaya visa umroh bergantung dari provider, muasasah, negara, dan waktu kepengurusan. Pemerintah Saudi sempat menetapkan perbedaan aturan untuk mengurus visa umroh. Untuk 2017-2018, biaya tampahan untuk mengurus visa umroh sebesar 30 dolar Amerika per visa umroh.

(row/erd)